Janji Ilham Wujudkan Impian Habibie Menyelesaikan Pesawat R80

PERISTIWA | 19 Oktober 2019 20:02 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ilham Akbar Habibie menyatakan siap untuk mewujudkan impian sang ayah, Presiden Ketiga BJ Habibie untuk menyelesaikan produksi pesawat R80. Ilham memastikan hal itu saat menghadiri acara Orbit International Habibie Festival di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Saya kira tugas saya sebagai anak untuk meneruskan impian bapak. Tugas saya menuntaskan R80," ujar Ilham, Sabtu (19/10/2019).

Menurut Ilham, R80 bukan hanya impian ayahnya semata, tetapi R80 adalah impian seluruh masyarakat Indonesia. "Ini bukan hanya impian Bapak (Habibie) sendiri, tetapi ini impian untuk semuanya," kata dia.

Pesawat R80 merupakan pesawat yang murni buatan Indonesia dengan arsitek BJ Habibie. Pembuatannya disponsori PT Regio Aviasi Industri (RAI) dan dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia.

Rego Aviasi Industri (RAI) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang yang didirikan oleh Presiden ke-3 RI BJ Habibie dan putra sulungnya, Ilham Akbar Habibie.

RAI khusus mengembangkan pesawat R80 untuk menjawab kebutuhan angkutan udara regional di Indonesia dan pasar internasional.

Laman Kita Bisa mengenai Dukungan Indonesia untuk R80 menyebut, total biaya pembuatan prototipe pesawat R80 diperkirakan mencapai lebih dari Rp200 miliar. Sedangkan keseluruhan biaya pengembangan usaha mencapai USD 1,6 miliar atau sekitar Rp20 triliun.

Karena merupakan buatan bangsa Indonesia, BJ Habibie mengajak serta seluruh masyarakat untuk ikut serta mendukung pengembangan pesawat R80 dengan menyumbangkan donasi di laman Kitabisa.com pada 2017 lalu.

Setelah BJ Habibie meninggal dunia, warganet kian semangat mewujudkan impian BJ Habibie agar Indonesia memiliki pesawat angkut sendiri yakni R80.

Reporter: Fachrur Rozie

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Saat AHY Menjajal Jadi Pilot Pesawat R80 di Habibie Festival
Mengenang BJ Habibie di Acara Orbit International Habibie Festival
Cerita Pelantikan Presiden: Habibie, Satu-satunya yang Dilantik di Istana
Anwar Ibrahim Takziyah ke Kediaman BJ. Habibie
VIDEO: Cerita Sri Mulyani Soal Terapi BJ Habibie Tuangkan Kesedihan Dengan Menulis
Anggota DPRD Jabar Setuju Bandara BIJB Ganti Nama jadi BJ Habibie

(mdk/bal)