Jarak Pandang Minim Akibat Kabut Asap, Penerbangan Solo-Banjarmasin Ditunda

PERISTIWA | 19 September 2019 11:02 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Akibat kebakaran hutan lahan (karhutla) di Kalimantan Selatan, penerbangan dari Solo ke Banjarmasin, Kamis (19/9) pagi ditunda. Penundaan dikarenakan adanya asap yang membuat jarak pandang minimum di Bandara Syamsuddin Noor tak terpenuhi.

Shared Services & CSR Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Dedi Suwastono mengatakan penundaan dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Pihaknya masih menunggu informasi dari pengelola bandara terkait hingga kondisi udara normal.

"Ada penerbangan yang terdampak kabut asap di Banjarmasin. Penerbangan rute Solo - Banjarmasin pada hari ini Kamis (19/9) dengan Nam Air yang seharusnya terbang pada pukul 06.45 WIB ditunda," terangnya.

Dedi menjelaskan, penerbangan Solo - Banjarmasin hari ini mengalami penundaan dikarenakan jarak pandang di bandara Syamsuddin Noor visibility kurang dari 1.200 meter.

"Kita masih menunggu informasi jarak pandang dari Bandara Syamsuddin Noor," jelasnya.

Sementara untuk penerbangan Banjarmasin - Solo, dijelaskan Dedi, hari ini tidak ada penerbangan dikarenakan alasan operasional. Untuk penerbangan lain ia memastikan tidak mengalami perubahan jadwal akibat kabut asap. (mdk/bal)

Baca juga:
Malaysia akan Buat Undang-undang untuk Jerat Perusahaan Pembakar Lahan di Indonesia
Padamkan Api Karhutla, 16 Anggota Satgas Terpapar Karbon Monoksida
Pagi Ini, Kualitas Udara di Palangka Raya Membahayakan
Banyak Flora dan Fauna Mati Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalteng
Dua Lahan Sawit di Kalbar Disegel Polisi
Polisi Segel 2 Lahan Perusahaan Sawit di Kalbar Terkait Kebakaran

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.