Jebol Tembok, 4 Tahanan Narkoba Lapas Pakjo Palembang Kabur

Jebol Tembok, 4 Tahanan Narkoba Lapas Pakjo Palembang Kabur
PERISTIWA | 5 Juli 2019 15:26 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Empat tahanan narkoba Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Palembang melarikan diri dengan cara memotong terali dan menjebol tembok dinding. Tim gabungan tengah mengejar para tahanan.

Mereka diketahui tidak lagi berada di tahanan saat akan menggelar apel pagi, Jumat (5/8). Diperkirakan mereka beraksi pada dini hari.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumsel Sudirman D Hury mengungkapkan, para tahanan yang kabur semuanya menempati Blok D13 dengan penghuni lima orang. Satu orang tetap berada di tahanan dan tidak ikut kabur.

"Mereka memotong terali dengan gergaji, lalu menjebol tembok tahanan. Kemudian naik ke atas pakai sarung dan merusak kawat duri di tembok bekas pos jaga yang tidak digunakan lagi," ungkap Sudirman.

Para tahanan yang kabur merupakan satu komplotan peredaran tiga kilogram sabu, yakni David Haryono, Syarif Hidayat, Feri, dan Subhan. Mereka divonis penjara selama 20 tahun.

"BNN tengah mengajukan sidang pidana pencucian uang (TPPU) kepada mereka. Kami awalnya memindahkan para tahanan itu ke Lapas Lubuklinggau," terangnya.

Dikatakannya, tim gabungan dari Lapas, BNN, dan kepolisian, tengah mengejar para tahanan. Barang bukti diamankan adalah kain sarung yang digunakan memanjat atap lapas.

"Kami tengah memeriksa 15 petugas jaga. Saya instruksikan juga menyelidiki dari mana gergaji besi didapat, bisa jadi diletakkan di sandal seperti sebelumnya," katanya. (mdk/rhm)

Baca juga:
DPO Rutan Donggala Kabur Setelah Gempa, Ditangkap Usai Curi Motor di Samarinda
2 Tahanan Polsek Kuta Selatan yang Kabur Ditangkap di Jakarta
10 Hari Buron, Napi Kabur dari Lapas Pati Diburu Tim Kemenkumham
Ditinggal Petugas Tidur, 2 Tahanan Polsek Kuta Selatan Kabur usai Menggergaji Sel
Kabur dari Penjara Sejak 2017, Asep Diciduk karena Kasus Pencurian
Pegawai Rutan di Jambi Diduga Siapkan Linggis dan Pahat untuk Bantu Napi Kabur

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami