Jejak Terakhir Ani Yudhoyono di Bumi Serambi Mekkah

PERISTIWA | 3 Juni 2019 01:34 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kristiani Herrawati atau yang akrab disapa Ani Yudhoyono sempat melawat ke Bumi Serambi Mekkah, Aceh, bersama keluarga pada akhir Januari 2019. Lawatan itu dilakukan sebelum Ani dirawat di rumah sakit National University Hospital (NUH) Singapura. Saat itu Ani mendampingi presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam rangkaian agenda 'SBY Tour de Toba-Seulawa'.

Ani Yudhoyono sempat berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman ditemani suami dan anaknya, Edhi Baskoro Yudhoyono sebelum bertolak ke Jakarta. Sehari sebelumnya, Minggu (27/1) SBY dan Ibas sudah berkunjung ke masjid kebanggaan Aceh itu untuk melaksanakan salat zuhur berjemaah. Namun, Ani tak ikut bersama mereka. Karena itu, ia meminta SBY dan Ibas menemaninya ke Masjid Raya Baiturrahman sebelum kembali ke Ibu Kota, Senin (28/1).

Saat itu Ani Yudhoyono tampak anggun mengenakan hijab serta baju berwarna midnight blue. Kala itu, Ibu Ani terlihat bahagia berpose bersama suami dan anaknya. Ketiganya dengan senang hati melayani warga yang meminta foto bersama. Dan itu adalah safari terakhirnya bersama sang suami, SBY.

Ani Yudhoyono mengembuskan nafas terakhir pada usianya yang ke-66 pada pada Sabtu, 1 Juni 2019, sekitar pukul 11.50 waktu Singapura. Ani Yudhoyono berpulang tepat di hari lahirnya Pancasila.

Kedatangan Ani bersama keluarga ke Aceh pada akhir Januari lalu kiranya masih membekas diingatan Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Menurut Nova, sang ibu negara terlihat sangat ceria saat itu.

"Selama sepekan sebelum dirawat Bu Ani menemani safari politik Pak SBY di Aceh," terang Nova, dalam keterangan resmi diterima Liputan6.com, Minggu malam (2/6).

Ani menemani SBY mengunjungi 22 dari 23 kabupaten/kota di Aceh. Ia penuh semangat menyapa masyarakat di seluruh pelosok di Serambi Makkah kala itu.

"Masyarakat Aceh berduka. Beliau merupakan ibu negara yang sangat ramah. Kita semua di Aceh mendoakan Ibu Ani menjadi ahli surga dan keluarga diberikan kesabaran oleh Allah," ucap Nova.

Duka yang sama juga terlihat di Kabupaten Aceh Barat. Umat Islam di kabupaten itu menggelar salat gaib berjemaah untuk Ani Yudhoyono.

Salat gaib dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh pada Sabtu malam diikuti ratusan warga. Tidak sedikit yang menitikkan air mata.

Sumber: Liputan6.com (mdk/noe)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.