Jejak TKI Terpapar Varian Baru Covid-19 Singgah di Karawang Sebelum ke Brebes

Jejak TKI Terpapar Varian Baru Covid-19 Singgah di Karawang Sebelum ke Brebes
ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 4 Maret 2021 20:26 Reporter : Bram Salam

Merdeka.com - Warga Karawang berinisial A (45) yang sempat terpapar varian baru Covid-19 B117 saat ini berada di rumah orang tuanya di Brebes, Jawa Tengah. Lima hari lalu, A sempat singgah di kediaman suaminya wilayah Kecamatan Pedes, Karawang, Jawa Barat, setelah pulang dari Arab Saudi sebagai TKI sebelum ke Brebes.

"A hanya mampir ke Kecamatan Pedes, Karawang sekitar setengah jam," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Karawang Nanik Jodjana, Kamis (4/3).

Nanik mengungkapkan, A sudah dinyatakan negatif Covid-19 dan selesai menjalani isolasi dan karantina di Wisma Pademangan. Kemudian A hanya mampir sebentar ke rumah suaminya di Kecamatan Pedes.

Saat ini A dalam penanganan Pemerintah Kabupaten Brebes. Nanik mengatakan, bersama dengan tim dari Kementerian Kesehatan, Dinkes Jabar, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) turun melakukan tracing dan testing kepada kontak erat dua warga Karawang yang terpapar virus Corona B117.

"Ada sekitar 7. Hasilnya kita masih menunggu kabar dari Jakarta (Balitbangkes)," ujar Nanik.

Selain A, ada M (40) warga Kecamatan Lemahabang bersama 49 orang pulang ke tanah air. Dua warga Karawang yang terpapar virus Corona B117 pulang ke Indonesia dari Arab Saudi menggunakan pesawat yang berbeda. M mendarat 28 Januari 2021. Sementara A mendarat 31 Januari 2021.

Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Covid-19 Kabupaten Karawang, Fitra Hergyana sebelumnya mengungkapkan dua pekerja migran Indonesia tersebut telah diberikan tindakan tes swab PCR dengan hasil positif. Kemudian dilakukan isolasi di Jakarta.

"Setelah menjalani isolasi, hasil tes Swab mereka negatif dan sudah diizinkan pulang ke Karawang. Jadi keduanya pulang ke Karawang dengan hasil negatif," ungkap Fitra.

Fitra menjelaskan, berdasarkan hasil laporan pemeriksaan tim medis dari Kementerian Kesehatan terhadap sampel swab keduanya ternyata dari uji whole genome sequencingnya diketahui mereka telah terpapar corona varian baru asal Inggris.

"Setelah kemarin menerima kabar temuan kasus Covid-19 B117 di wilayah Karawang. Tim Dinkes Karawang, Dinkes Jabar dan Kemenkes sudah bergerak cepat meneliti dan mencari informasi terkait varian baru virus tersebut dengan melakukan tracing dan testing kepada keluarga yang bersangkutan," beber Fitra. (mdk/gil)

Baca juga:
INFOGRAFIS: Kiat Menjaga Diri dari Virus Corona Baru B117
Lesu Bursa Pakaian Bekas Impor Dihantam Covid-19
Satgas: Jakarta dan Jabar Penyumbang Kasus Covid-19 Terbanyak Sejak Awal Pandemi
Jawa Barat dan DKI Laporkan Kasus Kematian Covid-19 Tertinggi Hari Ini
4 Maret: Pasien Sembuh Covid 6.440, Tertinggi Jakarta dan Jabar
Awal Mula Varian Baru Virus Corona Masuk ke Indonesia dari TKI di Karawang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami