Jelang HUT TNI ke 74, Marsekal Hadi Tjahjanto Ziarah ke Makam Soeharto

PERISTIWA | 19 September 2019 10:47 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan jajaran melakukan ziarah ke makam Presiden kedua Soeharto di Astana Giribangun, Kabupaten Karanganyar, Kamis (19/9).

Mantan Dan Lanud Adi Soemarmo tersebut didampingi Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan, KASAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, KASAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Aster KSAD Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, Pangdam IV Diponegoro Meyjen TNI Mochamad Effendi, Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Tepat pukul 09.30 WIB upacara penghormatan secara militer dipimpin Panglima TNI di depan CUNGKUP Argosari. Usai penghormatan, dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga.

Acara dilanjutkan dengan doa, sambutan selamat datang dari keluarga dan tabur bunga serta pengalungan bunga ronce di atas pusara Soeharto dan istrinya Siti Hartinah (Tien Soeharto). Usai berziarah, Panglima enggan memberikan pernyataan.

Kepala Penerangan Korem (Penrem) 074/ Warastratama Surakarta, Mayor Mantang mengatakan, kegiatan ziarah tersebut merupakan tradisi rutin untuk menyambut HUT TNI ke 74 yang diperingati 5 Oktober mendatang. Sebelumnya juga dilakukan ziarah ke makam Presiden pertama Soekarno di Blitar dan ke makam Presiden kelima Abdurrahman Wahid (Gusdur) di Jombang.

"Ziarah ini menjadi tradisi rutin yang selalu dilaksanakan saat peringatan HUT TNI. Ini sebagai wujud penghargaan kepada para pejuang," jelasnya.

Usai berziarah ke makam Soeharto, dia mengungkapkan, Panglima dan jajarannya akan melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta untuk berziarah ke makam Jenderal Sudirman.

Baca juga:
Mengerahkan Segala Upaya Demi Padamkan Karhutla
Moeldoko Sebut Tak Bisa Copot Pangdam saat Masa Kritis Kebakaran Hutan
Darurat Kabut Asap!
Panglima TNI Siapkan Drone 24 Jam Pantau Titik Api Karhutla Riau
Usai Pantau dari Heli, Kapolri Yakin Karhutla di Riau Ulah Manusia

(mdk/fik)