Jelang Lebaran, Kemenag-BPJPH Pelototi Rumah Potong Hewan

Jelang Lebaran, Kemenag-BPJPH Pelototi Rumah Potong Hewan
Rumah potong hewan karawaci. ©2018 Merdeka.com
PERISTIWA | 9 Mei 2021 11:02 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag menggelar pengawasan ke rumah potong hewan (RPH). Hal tersebut seiring empat hari jelang hari raya Idulfitri 2021.

Pengawasan dilakukan secara terpadu bersama tim dari Direktorat Kesmavet Kementerian Pertanian, serta Kemenko Perekonomian. Monitoring antara lain dilakukan di UPTD Rumah Potong Hewan Tapos, kota Depok. Kapus Pembinaan dan Pengawasan BPJPH Siti Aminah mengatakan, pengawasan dilakukan untuk memastikan tidak ada ketimpangan dalam implementasi regulasi, khususnya terkait Jaminan Produk Halal (JPH).

"Kami melakukan pengawasan memang sudah lama dengan Kementerian Pertanian, khususnya Direktorat Kesmavet. Pengawasan produk halal dilakukan di RPH, ritel, maupun pasar tradisional. Jangan sampai pelaksanaan penyediaan daging tidak sesuai regulasi jaminan produk halal," ujar Siti dalam keterangan pers, Minggu (9/5).

Dia mengatakan kewajiban bersertifikasi halal yang telah berlaku pada tahun 2019 lalu khususnya pada produk makanan dan minuman perlu terus disosialisasikan kepada masyarakat umum serta pelaku usaha.

Sementara itu Direktur Kesmavet Kementerian Pertanian Syafii Ma'arif mengungkapkan bahwa keterlibatan Kementerian Agama dan Kementerian terkait ini merupakan amanah regulasi.

"Dalam Undang-Undang kita jelas sekali menyatakan bahwa setiap produk hewan, baik itu dari luar maupun dari dalam negeri, yang beredar di NKRI ini harus memiliki sertifikat veteriner dan sertifikat halal," katanya

Sementara itu Asdep Pengembangan Agribisnis Peternakan dan Perikanan Kemenko Perekonomian Puji Setio menambahkan, pengawasan dilakukan sekaligus untuk memantau stabilitas harga daging. Salah satunya ketersediaan bagi masyarakat menjelang lebaran.

"Kita pastikan seluruh ketersediaan pasokan daging menjelang lebaran. Oleh sebab itu, kami sama-sama dengan kementerian pertanian dan K/L lainnya supaya menjaga pasokan daging ini sehingga masyarakat mendapatkan akses terhadap daging-daging dengan kualitas yang baik, halal, dan tentu saja dengan harga yang terjangkau," ungkap Pujo Setio.

Giat pengawasan di Unit Pelaksana Teknis Dinas Rumah Potong Hewan Tapos, Depok, ini dilakukan dari mulai proses penyembelihan, pengulitan, pemotongan hingga pengangkutan, sehingga tracebality dari sebuah produk dapat terlihat dengan jelas baik dari sisi Kesehatan juga kehalalannya.

Hadir, Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan BPJPH, Siti Aminah, Direktur Kesmavet Kementan Syafii Ma’arif, serta Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Peternakan dan Perikanan Kemenko Perekonomian Pujo Setio. Mereka dan tim meninjau fasilitas pemotongan yang ada di RPH Tapos. (mdk/rhm)

Baca juga:
Temuan KPPU: Harga Daging Sapi Meroket Hingga Rp140.000 Per kg Jelang Lebaran
Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi dan Ayam Mulai Alami Kenaikan
7 Manfaat Konsumsi Daging untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Tingkatkan Massa Otot
Perum Bulog Jual Daging Sapi Beku, Pembelian Dibatasi 2 Kg per Orang
Antisipasi Lonjakan Harga, Bulog Jual Daging Beku Online Mulai Rp80.000

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami