Jelang mudik, Dishub Jateng periksa armada angkutan Lebaran

PERISTIWA | 14 Juli 2014 16:12 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Jawa Tengah memeriksa kesiapan armada angkutan lebaran 2014, di sejumlah PO (perusahaan otobus), Senin (14/7). Pemeriksaan tersebut dimaksudkan untuk memastikan kelayakan dan kesiapan seluruh armada bus, yang akan digunakan sebagai sarana mudik dan balik.

Sejumlah PO yang disasar, yakn PO Mulyo Indah dan Rajawali di kawasan Banyuanyar, Banjarsari, Solo. Di dua tempat tersebut tim yang dibantu Dishubkominfo Solo tersebut juga memeriksa dari dekat persiapan armadanya untuk melayani pemudik.

Hasil pemeriksaan sementara bus yang akan dioperasikan oleh PO Mulyo Indah telah memenuhi perlengkapan administrasi dan teknis.

"Kami berharap semua armada siap.sampai nanti kami gelar uji petik lagi di Terminal Tirtonadi," kata Kasi Teknis dan Prasarana Dishubkominfo Solo, Arief Handoko kepada wartawan.

Arief menegaskan, jika dalam uji petik di terminal bus yang dijalankan tak memenuhi syarat administrasi dan teknis, ancamannya lebih berat. Pihaknya akan menunda keberangkatan bus. "Kalau belum siap ya ditunda dulu. Harus diganti dengan bus lain yang laik jalan," katanya.

Arief mengatakan, pengecekan uji kelaikan bus sudah harus selesai sebelum bus masuk terminal. Karena lewat uji ini kondisi bus benar-benar prima dan layak digunakan dalam perjalanan jauh. Selain itu petugas di lapangan juga senantiasa mengecek kondisi ban, mesin, lampu seperti, surat jalan (trayek) dokumen perjalanan dan lain sebagainya.

Terkait dengan bus cadangan. Setiap PO minimal harus menyediakan 2 armada yang lulus pengecekan teknis dan administratif," ucapnya.

(mdk/hhw)