Jelang Natal 2017, Kapolda Jatim pantau pengamanan gereja di Surabaya

Jelang Natal 2017, Kapolda Jatim pantau pengamanan gereja di Surabaya
PERISTIWA | 23 Desember 2017 18:03 Reporter : Bruriy Susanto

Merdeka.com - Jelang Hari Natal 2017, Kapolda Jawa Timur Irjen Machfud Arifin bersama pejabat utamanya, dan Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Arif Rahman, melakukan meninjau sistem keamanan di sejumlah gereja di Surabaya. Seperti Gereja Bethany, Jalan Nginden Intan, dan Santa Maria Perawan, Jalan Kepanjen, Surabaya.

Kedua tempat ibadah tersebut dijaga ketat, oleh sejumlah petugas keamanan. Mulai dari kepolisian, TNI, Linmas, Satpol PP, Pramuka, dan Banser. Bahkan, tim jihandak (penjinak bahan peledak) Gegana Brimob Polda Jawa Timur juga disiagakan, untuk ikut mengamankan dua gereja tersebut.

Selain itu, sejumlah tempat keramaian, yang menjadi obyek vital banyak dikunjungi masyarakat, yakni supermall Plaza Surabaya Jalan Pemuda, dan posko pengamanan untuk disiagakan Hari Natal 2017 di inspeksi mendadak (sidak). Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman, nyaman kepada masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah, saat Hari Natal.

Menurut Irjen Machfud, giat yang dilakukannya itu untuk melihat kesiapan sistem pengamanan para personil di tempat ibadah. "Sampai sekarang ini relatif aman. Tidak ada gangguan ancaman apapun," katanya, di sela usai meninjau kesiapan pengamanan gereja di Bethany, Sabtu (23/12).

Meski begitu, pihak kepolisian, TNI maupun stakeholder yang ikut terlibat mengamankan jalannya perayaan Hari Natal 2017 ini, sudah disiagakan untuk melakukan mobilisasi, melakukan pengamanan.Terutama di tempat menjadi titik kumpul orang. Seperti di terminal, stasiun kereta api, bandara, wisata, supermall.

Model sistem pengamanan itu sendiri, ada yang tertutup ataupun terbuka. Jumlahnya 29 ribu personil, mulai dari Polri, TNI dan stakeholder yang ikut berpartisipasi ikut mengamankan. "Dari jumlah itu disebar di seluruh tempat ibadah di Jawa Timur, untuk mengamankan di Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018," ujar dia.

Di sela pengamanan itu, mantan Kadiv TI Mabes Polri itu juga menghimbau kepada jemaat saat melakukan kegiatan ibadah, supaya tidak membawa barang berlebihan. "Saya juga berterimah kasih kepada Banser Nahdlatul Ulama yang ikut dalam pengamanan gereja," katanya. (mdk/rhm)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami