Jelang New Normal, 4 Daerah di Papua Barat Masuk Pantauan Gugus Tugas

Jelang New Normal, 4 Daerah di Papua Barat Masuk Pantauan Gugus Tugas
PERISTIWA | 6 Juli 2020 21:32 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Ada empat daerah yang masuk dalam pemantauan Gugus Tugas Papua Barat. Yakni, Pegunungan Arfak, Tambrauw dan Sorong Selatan yang masuk zona kuning dan satu daerah yang masih zona hijau adalah Kabupaten Maybrat

Juru bicara pemerintah Provinsi Papua Barat pada percepatan penanganan Covid-19, Arnoldus Tiniap di Manokwari Senin mengatakan laporan dari kabupaten dan kota di Papua Barat saat ini terdapat sembilan daerah zona merah yakni Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Raja Ampat, Manokwari, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Manokwari Selatan dan Fakfak.

"Tiga daerah bertahan pada zona kuning yakni Pegunungan Arfak, Tambrauw dan Sorong Selatan. Sedangkan satu daerah yang masih zona hijau adalah Kabupaten Maybrat," ucap Arnold, Senin (6/7).

Untuk empat daerah tersebut, kata Arnold, gugus tugas provinsi akan turun untuk memastikan status epidemiologinya. Pihaknya berharap upaya pengendalian benar-benar merata di setiap daerah.

Ia menyebutkan bahwa gugus tugas Covid-19 sudah terbentuk di seluruh daerah di Papua Barat. Gugus tugas yang aktif akan terlihat dari laporan rutin dari hasil kegiatan screening serta tracing kontak yang disampaikan setiap hari.

Berdasarkan data yang dilaporkan kepada gugus tugas Covid-19 Papua Barat per 5 Juli 2020, hingga saat ini di Tambrauw dan Maybrat masing-masing baru satu orang yang dilakukan pemeriksaan usap tenggorokan atau swab. Sedangkan Pegunungan Arfak dan Sorong Selatan pemeriksaan swab belum pernah dilakukan.

Kabupaten Maybrat yang masih berzona hijau, hingga saat ini pun belum pernah melaporkan daftar orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) serta pasien positif.

Kabupaten Sorong Selatan, jumlah OTG nol, ODP 113 dan seluruhnya sudah selesai pemantauan. Sedangkan data PDP tercatat sebanyak tiga orang.

Pegunungan Arfak, jumlah OTG nol, ODP enam orang dan sudah selesai pemantauan. Sedangkan PDP dan pasien positif nol. Kabupaten Tambrauw daftar OTG dan ODP nol dan PDP tercatat ada satu orang.

"Seperti yang disampaikan bapak gubernur, untuk menuju new normal provinsi akan turun melakukan rapid test secara massal di empat daerah itu. Ini untuk memastikan apakah empat daerah ini benar-benar berada pada zona rendah, sedang atau tinggi," kata Tiniap menambahkan.

Selain empat daerah ini, gugus tugas Papua Barat juga terus memantau perkembangan kasus Covid-19 di sembilan daerah zona merah.

"Semua daerah menjadi perhatian, seperti Kota Sorong yang perkembangan kasus positifnya cukup laju bahkan tertinggi di Papua Barat. Itu menunjukkan bahwa gugus tugasnya agresif. Begitu juga Teluk Bintuni, angka positif cukup tinggi dan semua berhasil sembuh," ujarnya lagi. Seperti diberitakan Antara. (mdk/rhm)

Baca juga:
New Normal, Slot Terbang di Bandara Soekarno-Hatta Belum Optimal
Kurangi Kepadatan KRL, KAI Minta Ada Pengaturan Jam Kerja & Peningkatan Kapasitas
KCI Sebut Pengaturan Jam Kerja Solusi Urai Kepadatan KRL
Senin Pagi, Penumpang KRL dari Stasiun Bogor Meningkat Dibandingkan Pekan Lalu
Upacara HUT ke-75 Indonesia Digelar dengan Peserta Terbatas
Kebun Raya Bogor dan Cibodas Segera Dibuka dengan Protokol Kesehatan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami