Jelang New Normal, Forpimda Jatim Tinjau Kesiapan Pembukaan Pesantren di Kediri

Jelang New Normal, Forpimda Jatim Tinjau Kesiapan Pembukaan Pesantren di Kediri
PERISTIWA | 7 Juni 2020 01:23 Reporter : Imam Mubarok

Merdeka.com - Forum pimpinan daerah (Forpimda) Jawa Timur melakukan kunjungan ke sejumlah pondok pesantren ke Kediri. Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Kapolda Jatim Irjen M. Fadil Imran dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Eriansyah melihat kesiapan pembukaan kembali Pondok Pesantren Lirboyo dan Al Falah Ploso Mojo Kediri dalam menyongsong era new normal, Sabtu (6/6).

Pesantren Salafiyah dengan santri 28 ribu orang ini menjadi prototype pesantren tangguh dalam menghadapi Pandemi covid-19 di Jawa Timur. Khofifah mengatakan sebuah pesantren tangguh memenuhi standar kesehatan , standar kebersihan dan tersedianya tanaman obat untuk keperluan pesantren.

"Pemilihan Pesantren Lirboyo sebagai prototype pesantren tangguh ini sendiri diharapkan menjadi pilot project bagi pesantren lain di Jawa Timur untuk mengikuti," kata Khofifah Indarparawansa Gubernur Jawa Timur.

Terkait penerapan new normal ini, pondok pesantren Lirboyo Kediri telah mengeluarkan sebuah maklumat. Seperti jadwal kembalinya santri pelaksanaan KBM dan protokol kesehatan.

Kembalinya santri pada gelombang pertama hanya dibatasi 10 persen dan diwajibkan melakukan karantina mandiri 14 hari sebelum kembali ke pondok 20 Juni mendatang.

"Setelah datang pihak pesantren juga akan melakukan karantina kembali di kamar terpisah selama dua minggu. Selain penggunaan masker pihaknya pun akan melakukan penataan ulang terhadap kamar santri dan rutin melakukan sterilisasi," kata KH Oing Muid Shokib," salah satu pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri.

Usai dari Lirboyo, rombongan Khofifah melanjutkan kunjungan ke Pesantren Al Falah di Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri dengan agenda serupa. Selanjutnya mereka mengunjungi kampung tangguh semeru di Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. (mdk/ray)

Baca juga:
PSBB Transisi Bukan Berarti Bebas Berkegiatan Tanpa Pedulikan Protokol Kesehatan
Penjelasan Dasar Hukum Sanksi Denda Rp 250.000 saat Masa Transisi di DKI
Berakhir Besok, Pemkot Solo Tak Perpanjang KLB Corona
Tren Kasus COVID-19 di Indonesia Menuju Puncak Kurva, Ini Kata Epidemolog Asal Jogja
Pengusaha Makanan dan Minuman Dukung Penerapan Masa Transisi PSBB

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menjawab Keluhan, Menyiasati Keadaan - MERDEKA BICARA with Ganjar Pranowo

5