Jelang New Normal, Jokowi Tinjau Masjid di Lingkungan Istana

Jelang New Normal, Jokowi Tinjau Masjid di Lingkungan Istana
PERISTIWA | 4 Juni 2020 09:30 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau Masjid Baiturrahim, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Tinjauan tersebut bertujuan untuk persiapan prosedur standar new normal di sarana ibadah.

Jokowi meninjau sekitar pukul 9.00 WB di Masjid tersebut. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Mereka meninjau sekitar kurang lebih 5 menit.

"Pagi hari ini saya melakukan pengecekan masjid Baiturrahim di Istana ini dalam rangka persiapan menuju sebuah tata normal baru, adaptasi kebiasaan baru," kata Jokowi usai meninjau di Masjid Baiturrahim, Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (4/6).

Dia menjelaskan masjid tersebut akan siap digunakan untuk salat berjemaah maupun salah masing-masing. Dia juga sudah mengecek beberapa persiapan mulai dari tanda jarak aman di masjid hingga pemberian disinfektan.

"Kita harapkan dengan tanda-tanda yang jelas juga dengan pembersihan masjid dengan disinfektan nanti apabila Salat Jumat dimulai lagi di Masjid Baiturrahim sudah siap melaksanakan tatanan normal baru dan adaptasi normal baru," jelas Jokowi.

1 dari 1 halaman

Sempat Tinjau Istiqlal

Sebelumnya Jokowi juga sempat mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6). Dalam kunjungannya dia mengecek kesiapan penerapan new normal atau tatanan kehidupan baru.

Jokowi pun mendapatkan kabar bahwa masjid tersebut akan digunakan kembali pada Juli mendatang. Hal tersebut disampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

"Saya sudah mendapatkan informasi dari Prof Nasaruddin bapak imam besar Masjid Istiqlal bahwa direncanakan masjid istiqlal akan dibuka nanti pada bulan Juli tetapi keputusannya ada nanti di bapak imam besar Masjid Istiqlal," jelas Jokowi.

Jokowi pun mengingatkan jika rumah ibadah sudah bisa digunakan persiapkan dan perketat protokol kesehatan. Sehingga kata dia, jemaah yang melaksanakan ibadah bisa terhindar dari Covid-19.

"Saya titip untuk disiapkan protokol-protokol kesehatan sehingga nanti pada saat kita melaksanakan solat di masjid istiqlal ini semuanya aman dari covid," kata Jokowi. (mdk/eko)

Baca juga:
JK Minta Masjid Terapkan Protokol Ketat Usai Dibuka Kembali
JK Cek Kesiapan Masjid Agung Al Azhar Jelang Penerapan New Normal
JK Tinjau Kesiapan Masjid Agung Al-Azhar Gelar Kembali Salat Jumat
JK: Masjid Lebih Mudah Diatur Protokol Kesehatan Dibanding Mal & Pasar
Masjid Dibuka Kembali, JK Pesan Penerapan Protokol Kesehatan Ketat
Sesuai Fatwa MUI DKI, Dewan Masjid Indonesia Anjurkan Salat Jumat Dua Shift

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami