Jelang Pelantikan Presiden, Polresta Surakarta Gelar Apel Pasukan

PERISTIWA | 18 Oktober 2019 11:36 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden (Joko Widodo - Ma'ruf Amin), Polresta Surakarta menggelar apel kesiapan pengamanan di halaman mapolresta, Manahan, Jumat (18/10). Apel diikuti seluruh jajaran dan dipimpin oleh Kapolresta AKBP Andy Rifai.

Dalam sambutannya, Andy Rifai mengatakan, meskipun pelaksanaan pelantikan presiden dilakukan di Jakarta, namun ada beberapa kegiatan di wilayah yang akan dilakukan di wilayah hukum Polresta Surakarta. Sehingga pihaknya harus memastikan tidak akan ada orang-orang atau pihak-pihak yang mengganggu situasi di Solo.

"Meskipun pelaksanaan pelantikan di Jakarta, tetapi ada beberapa kegiatan di wilayah sini. Sehingga tidak ada dari orang-orang atau pihak-pihak yang mengganggu. Sehingga saat pelaksanaan semua bisa berjalan dengan lancar," ujar Andy.

Menurut Andy, hari ini kebetulan juga akan ada kegiatan pengamanan VVIP di Solo. Pihaknya membagi anggota untuk bertugas di titik-titik tertentu sesuai tugas dan tanggung jawabnya. Ia berjanji untuk selalu menciptakan situasi yang aman.

"Karena tamu VVIP ini akan melihat pola pengamanan kita di sini seperti apa. Sehingga kalau aman, mereka akan terkesan," katanya

Sementara itu kegiatan masyarakat saat pelantikan, dikatakannya, hanya nonton bareng. Polresta Surakarta, lanjut dia, menerjunkan 510 anggota, ditambah personel dari Polda Jawa Tengah serta TNI.

Untuk VVIP, pola pengamanan menggunakan ring 1, 2 dan 3. Untuk ring 1 dilakukan oleh Paspampres. Sementara untuk kegiatan pengerahan massa dan gangguan kamtibmas kita ditunda. Pihaknya baru memberikan izin setelah tanggal 20 Oktober.

Baca juga:
BEM Nusantara Pilih Berdialog daripada Demo Saat Pelantikan Presiden
Jelang Pelantikan Presiden, Personel Gabungan Amankan Perbatasan Banten-Jakarta
Ini Ruas Jalan Dialihkan Selama Lalu Lintas Menuju DPR Ditutup
Siang Ini, Sekjen MPR Gelar Gladi Kotor Pelantikan Presiden
KNPI Minta Organisasi Kepemudaan Sukseskan Pelantikan Jokowi
Jalanan Sekitar Gedung DPR Bakal Ditutup Sampai Pelantikan Presiden

(mdk/cob)