Jelang Pilkada, Muncul Spanduk 'Gibran Solo Masa Depan Kita'

PERISTIWA | 22 September 2019 09:35 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Putra sulung Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Gibran Rakabuming Raka kembali menjadi perbincangan warga Kota Solo. Kali ini penyebabnya gambar bos katering Chilipari itu muncul di sejumlah sudut Kota Bengawan. Spanduk berwarna merah tersebut bertuliskan 'Gibran Rakabuming Raka Solo Masa Depan Kita' dilengkapi dengan foto di sebelah kiri.

Sejumlah spanduk serupa terpasang di kawasan Palang Joglo, atau simpang tujuh Kadipiro dan Jalan Ir Sutami, Kentingan, Jebres. Tak ada logo partai atau kelompok organisasi massa manapun tertera dalam spanduk berukuran 75x5 meter tersebut. Tak banyak warga yang mengetahui kapan dan siapa yang memasang spanduk tersebut. Namun sejumlah warga memperkirakan spanduk tersebut dipasang pada Sabtu (21/9) sore.

"Kemarin siang itu saya lewat Palang Joglo, mau ke Gemolong belum ada. Pas saya balik pagi ini sudah terpasang. Mungkin kemarin sore atau malam," ujar Satriawan (41), warga Laweyan, Solo.

Warga lainnya, Cahyo Nugroho (49) menduga spanduk tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan agar Gibran maju dalam Pilkada Kota Solo 2020 mendatang. Menurutnya, warga Solo mendambakan pemimpin yang muda dan bisa membawa Kota Solo lebih maju.

"Saya kurang tahu, tapi mungkin saja itu bentuk dukungan atau harapan masyarakat. Mereka ingin Kota Solo dipimpin yang lebih muda," kata warga Kadipiro tersebut.

Sosok Gibran memang menjadi sorotan setelah Lembaga Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi ( Unisri) Solo mengeluarkan hasil survei bursa calon wali kota Solo. Bersama Kaesang Pangarep sang adik, Gibran termasuk tokoh terpopuler.

Belum lama ini, Gibran juga sempat mendatangi Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo untuk menanyakan mekanisme pendaftaran sebagai peserta Pilkada. Namun Gibran membantah jika dirinya membicarakan politik saat bertemu Wali Kota Solo tersebut.

Jika seandainya Gibran benar berniat maju Pilkada 2020 dari PDIP, langkah tersebut dinilai sedikit terlambat. DPC PDIP melalui penjaringan tertutup di 5 PAC, sudah menjagokan nama Wakil Wali Kota Achmad Purnomo dan mantan Ketua DPRD Teguh Prakosa untuk berpasangan dalam Pilkada 2020. Kedua nama tersebut segera diajukan ke DPD PDIP Jawa Tengah dan DPP di Jakarta.

"Hari Senin besok pengembalian formulir. Hari itu juga hasil seleksi akan kita kirimkan ke DPD maupun DPP. Jadi sekali lagi ini bukan proses pendaftaran, tapi penugasan. Beliau-beliau ini ditugaskan oleh DPC sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota," jelas Ketua Tim Penjaringan DPC PDI Perjuangan Solo Putut Gunawan.

Baca juga:
Kader PDIP Legowo Jika Akhirnya Gibran Ditunjuk Maju Pilkada Solo 2020
Bangganya Hotman Paris Soal Sosok Gibran, Anak Presiden yang Konsisten Berbisnis
Gerindra Akui Pernah Melobi Gibran untuk Pilkada Solo 2020
PDIP: Silakan Gibran Daftar Pilkada Solo 2020, Tapi Harus Lewat Mekanisme Berlaku
Dikabarkan Bahas Pilkada dengan FX Hadi, Gibran Sebut Solo Butuh Sentuhan Anak Muda
Gibran Temui Wali Kota Solo FX Rudy Bahas Pencalonan dan Mekanisme Pilkada
Kunjungi Wali Kota Solo, Gibran Ceritakan Kehamilan Istri

(mdk/fik)