Jelang sidang, 12 tersangka kasus Cebongan dipindah ke Yogya

Jelang sidang, 12 tersangka kasus Cebongan dipindah ke Yogya
kondisi lapas sleman pasca penyerangan. ©2013 Merdeka.com/parwito
PERISTIWA | 19 Juni 2013 10:23 Reporter : Parwito

Merdeka.com - Sebanyak 12 anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Grup 2- Kandang Menjangan Surakarta, Jawa Tengah yang merupakan tersangka penyerbuan ke LP Cebongan, Sleman, DIY Rabu (19/6) siang ini, dibawa ke Yogyakarta. Mereka dipindahkan tempat penahanannya dari Denpom IV/5 di Semarang ke Denpom IV/2 Yogyakarta.

"Pemindahan dilakukan untuk mendekatkan tempat penahanan dengan lokasi pengadilan militer yang akan menyidangkan ke-12 anggota Kopassus itu. Pemindahannya dilakukan siang ini," kata Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Adi Widjaya saat dikonfirmasi lewat telepon selulernya, Rabu (19/6).

Selain itu, pemindahan juga dilakukan sebagai upaya menjaga keamanan dan keselamatan para tahanan yang akan menjalani sidang perdana pada Kamis (20/6) mendatang di Pengadilan Militer Yogyakarta. Perjalanan dari Semarang ke Yogyakarta akan dikawal anggota Denpom Semarang dengan prosedur normatif. Sesampainya di Yogyakarta mereka langsung akan ditempatkan di ruang tahanan Denpom IV/2 Yogyakarta.

Di Markas Denpom IV/2 Yogyakarta sendiri sudah ada empat ruang tahanan yang kosong karena penghuninya sudah dipindahkan ke instalasi tuna tertib di Cimahi. "Para tahanan dari Kopassus tidak ditempatkan dalam satu ruangan. Sebab ruang tahanan hanya mampu menampung tiga atau empat orang tiap ruangan," jelasnya.

Ke-12 anggota Kopassus itu akan diadili dengan dakwaan melakukan pembunuhan terhadap empat tahanan titipan Polda DIY di LP Kelas IIB Sleman atau LP Cebongan, Sleman, DIY. (mdk/has)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami