Jemaah Haji Asal Jabar yang Meninggal Dunia Tahun Ini Meningkat

PERISTIWA | 21 Agustus 2019 23:06 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Jemaah asal Jawa Barat yang meninggal dunia saat melaksanakan haji meningkat dari tahun sebelumnya. Faktor kesehatan dan kelelahan masih menjadi penyebab hal itu terjadi.

Data dari Kementerian Agama (Kemenag) Kanwil Jawa Barat mencatat ada 47 jemaah yang meninggal dunia dengan rataan usia 50 tahun. Tujuh orang di antaranya merupakan warga Bogor. Pada pelaksanaan haji tahun lalu, jemaah asal Jawa Barat yang meninggal dunia sebanyak 34 orang.

"Per hari ini ada 47 jemaah haji asal Jawa Barat meninggal dunia karena sakit, ga ada yang aneh-aneh," ucap Kasi Pembinaan Haji dan Umrah Kemenag Kanwil Jabar Jajang Apipudin saat dikonfirmasi, Rabu (21/8).

Menurutnya, kondisi fisik dari jemaah yang sudah renta menjadi faktor yang membuat hal ini terjadi. Mereka kelelahan usai menjalani prosesi wukuf di Arafah yang memang dituntut harus memiliki kesehatan fisik yang prima.

Para jemaah yang meninggal dunia akan dimakamkan di Arab Saudi. Ada dua tempat yang disiapkan, yakni di Jannatul Baqi Madinah dan pemakaman Sharaya di Mekkah.

Jemaah haji yang meninggal saat menjalani ibadah haji, berdasarkan ketentuan memang dimakamkan di Arab Saudi. Pemerintah tidak menyediakan fasilitas untuk mengembalikan jenazah. "Kalaupun mau dipulangkan ya biaya sendiri," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat Abukhori melaporkan bahwa kloter I dari Kabupaten Bogor sebanyak 404 jemaah haji dan 6 petugas haji sudah kembali ke tanah air.

Jumlah jemaah dan petugas haji berangkat melalui embarkasi Jakarta Bekasi yaitu dengan total sebanyak 39.429 orang. Terdiri dari Jamaah sebanyak 38.847 orang petugas terdiri TPHI, TPIHI, TKHI, dan TPHD sebanyak 582 orang.

"Dan masa operasional kepulangan jemaah haji dilaksanakan selama 29 hari, yaitu dimulai pada tanggal 17 Agustus sampai dengan 14 September 2019," tutupnya.

Baca juga:
Menkes: 230 Jemaah Haji Meninggal, 346 Masih Jalani Perawatan
1.440 Jemaah Haji Tiba di Debarkasi Solo
Menkes Waspadai Penyakit Menular yang Dibawa Jemaah Haji Indonesia
Imigrasi Siapkan Jalur Khusus Sambut Jemaah Haji
Kloter 1 Jemaah Haji Asal Sukoharjo Tiba di Debarkasi Solo
Seorang Jemaah Haji Asal Madiun Meninggal Usai Lempar Jumrah

(mdk/eko)

TOPIK TERKAIT