Jemaah Naqsabandiyah di Sumut Salat Id Hari ini

Jemaah Naqsabandiyah di Sumut Salat Id Hari ini
Jemaah Naqsabandiyah di Simalungun Rayakan Idul Fitri 1441 H. ©2020 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah
PERISTIWA | 12 Mei 2021 10:42 Reporter : Uga Andriansyah

Merdeka.com - Jemaah tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara (Sumut) merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah pada hari ini, Rabu (12/5). Lebaran yang dilakukan jemaah Naqsabandiyah itu ditandai dengan dilakukannya salat Idulfitri di Pondok Pesantren Darusshofa, Marindal, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Salah satu jemaah Naqsabandiyah, Syekh Muda Markum, mengatakan salat Idulfitri kali ini diikuti tak lebih dari seratus orang.

"Tepat hitungan hari ini kami sudah melaksanakan salat Idulfitri. Sesuai arahan tuan guru kami Al Mukaram Buya Syekh Muhammad Nur Ali selaku mursyid tarekat Naqsabandiyah," katanya.

Pada saat melakukan salat Idulfitri, para jemaah tarekat Naqsabandiyah menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Jumlah jemaah yang biasanya mencapai ribuan orang saat ini dikurangi. Salat Idulfitri hanya diikuti oleh sejumlah orang dari beberapa daerah saja.

Tarekat Naqsabandiyah juga memusatkan kegiatannya di Nagori Bandar Tinggi, Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun.

"Pusat kami di Bandar Tinggi karena ada pembatasan pergerakan massa dan penyekatan larangan mudik kami diberikan izin untuk tidak ke Bandar Tinggi," pungkas Markum. (mdk/bal)

Baca juga:
121 Ribu Narapidana Terima Remisi Khusus Idulfitri 2021, 550 Langsung Bebas
Kisah Para Porter: Berharap Rezeki dari Mereka yang Datang dan Pergi
Puan Maharani Ajak Masyarakat Rayakan Lebaran dengan Berbagi Pada Terdampak Pandemi
Tetap Buka, TSI Cisarua Terapkan Prokes Ketat saat Libur Lebaran
Penularan Covid-19 Masih Tinggi, Pemkot Banjarmasin Tiadakan Pawai Malam Takbiran
Ridwan Kamil Imbau Kepala Daerah Salat Id di Rumah, Tunda Kegiatan Silaturahmi
Masuk Zona Oranye, Pemkot Tasikmalaya Pastikan Gelar Salat Id di Masjid Agung

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami