Jemaah Syattariyah di Medan Rayakan Idul Adha Hari Ini

PERISTIWA | 13 Agustus 2019 14:48 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Jemaah Syattariyah di Medan, merayakan Idul Adha, Selasa (13/8). Tanggal 10 Dzulhijjah 1440 H jatuh pada hari ini, atau dua hari setelah waktu yang ditetapkan pemerintah.

Salat Idul Adha yang dilaksanakan jemaah Syattariyah berlangsung di sejumlah lokasi di Medan.

"Pelaksanaan salat Idul Adha ada di beberapa tempat, di Masjid Raya Syeh Burhanuddin, juga ada di Gang Seto," kata Hilda, seorang jemaah.

Di antara tempat-tempat itu, Masjid Raya Syeh Burhanuddin, Jalan Rawa II, Gang Sempurna, Medan Denai, yang paling ramai. Sekitar 500 jemaah melaksanakan ibadah salat Idul Adha di sana.

Pemotongan hewan kurban juga dilakukan hari ini. "Di Gang Seto ada satu ekor lembu, kalau di Masjid Seh Burhanuddin saya kurang tahu," imbuh Hilda.

Jemaah Syattariyah di Medan merupakan pengikut Syeh Burhanuddin, ulama dari Ulakan, Pariaman, Sumatera Barat. Karenanya, ketetapan jatuhnya hari besar Islam tak berbeda dengan di Pariaman.

Tarekat ini menetapkan 10 Dzulhijjah berdasarkan penghitungan atau hisab taqwin kalender kamsiyah. Beberapa kali terjadi perbedaan waktu dengan ketetapan pemerintah. Namun, perbedaan itu harus dipandang sebagai rahmat dan anugerah.

(mdk/noe)

TOPIK TERKAIT