Jembatan Pematang Panggang Putus, Jalan Lintas Timur Ditutup Selama 2 Pekan

PERISTIWA | 17 Juni 2019 14:04 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Akibat putusnya Jembatan Pematang Panggang di Mesuji, Lampung, membuat arus lalu lintas di Jalan Lintas Timur (Jalintim) ditutup sementara mulai hari ini. Kendaraan dari Sumsel yang hendak menuju Lampung dialihkan ke Jalan Lintas Tengah (Jalinteng).

Direktur Lantas Polda Sumsel Kombes Pol Dwi Asmoro mengungkapkan, Jalintim dibuka kembali hingga perbaikan jembatan sudah rampung atau sekitar dua pekan ke depan. Penutupan dilakukan mulai Indralaya, Ogan Ilir untuk semua jenis kendaraan.

"Ya, Jalintim dari arah Palembang ditutup selama dua minggu atau sampai perbaikan selesai," ungkap Dwi, Senin (17/6).

Dia menjelaskan, kendaraan dialihkan melewati Jalinteng dimulai dari Indralaya (Ogan Ilir) menuju Prabumulih kemudian Muara Enim, terus ke Baturaja (Ogan Komering Ulu) dan melintasi beberapa kabupaten lain hingga ke Lampung.

"Kami tidak menyarankan lewat tol karena masih tahap pembangunan," ujarnya.

Dia menambahkan, kondisi Jalintim saat ini masih terjadi kemacetan. Petugas di lapangan terus berupaya mengalihkan kendaraan yang terlanjur sudah mengarah ke Lampung berbalik arah menuju Indralaya.

"Masih padat, macet, kendaraan putar balik," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Jembatan Pematang Panggang yang menghubungkan Mesuji Lampung dan Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, rusak. Akibatnya, kendaraan dari dua arah tak bisa melewati akses itu.

Putusnya lalulintas tersebut disebabkan truk fuso bermuatan lebih dari 40 ton terjebak di lobang yang berada di atas Jembatan Pematang Panggang, Senin (17/6) dini hari. Roda mobil tersangkut lantaran badan jembatan ambruk.

Kejadian itu membuat kendaraan lain dari arah OKI maupun Lampung tak bisa melintas. Kemacetan parah pun tak terelakkan hingga ke Desa Sungai Pinang, Ogan Ilir yang berjarak belasan kilometer. (mdk/ray)

Baca juga:
Jembatan Pematang Panggang Ambles, Lalu Lintas Lampung-Sumsel Terputus
Putra Wali Kota Risma Dipanggil Penyidik Polda Jatim Terkait Kasus Gubeng
Kejaksaan Masih Teliti Dua Berkas Kasus Amblesnya Jalan Gubeng
Jalan Raya Puspitek Serpong Amblas, Pengendara Diminta Cari Jalur Alternatif
Tak Kunjung Diperbaiki, Jalan Ambles di Depok Ancam Pengguna Jalan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.