Jenazah Ani Yudhoyono akan Disambut Upacara Kenegaraan di Halim

PERISTIWA | 1 Juni 2019 13:06 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Jenazah Ani Yudhoyono akan diterbangkan ke Tanah Air pada Minggu (2/6) besok. TNI AU akan menyiapkan upacara penyambutan jenazah Ani di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma.

"Yang jelas akan ada upacara penyambutan secara militer itu karena beliau almarhumah ada salah satu pemilik bintang jasa. Masalah upacara di sini atau bandara sipil masih ditentukan. Yang jelas biasanya upacara kenegaraan adanya di Lanud Halim," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (AU) Mabes TNI AU Marsekal Utama (Marsma) TNI Fajar Adriyanto saat ditemui di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (1/6).

Namun, Fajar mengaku belum mengetahui waktu pasti kedatangan Ani. Dia hanya diminta untuk mempersiapkan pesawat hingga acara penyambutan jenazah Ani.

"Komandan Lanud Halim menghubungi saya dan kami persiapkan pesawat dan kru pendukungnya. Kami belum tahu jam berapa berangkat atau kapan dijemput, belum ada. Kami tapi stand by dan menunggu perintah dari pimpinan," jelasnya.

Selain itu, lanjut Fajar, TNI AU juga sudah menyiapkan satu pesawat VIP untuk menjemput Ani. Proses penjemputan tinggal menunggu perintah.

"Komandan lanud halim sudah menyiapkan satu pesawat dan mungkin juga pesawat cadangan untuk diberangkatkan ke Singapura. Namun itu semua menunggu perintah dari pimpinan yang jelas kru dan pesawat siap berangkat. Kalau memang ada perintah, maksimal dalam waktu satu jam sudah siap berangkat," paparnya.

"(Pesawat apa?) Tergantung dari permintaan keluarga. Yang jelas di sini pesawat VIP ada Hercules dan juga Boeing," sambungnya.

Sebelumnya, Ani Yudhoyono meninggal sekitar pukul 11.50 waktu Singapura usai berjuang melawan sakit kanker darah. SBY dan keluarga besarnya turut menemani Ani di penghujung usianya.

Pada Rabu (29/5), Ani Yudhoyono harus dirawat secara intensif di ruang Intensive Care Unit (ICU) di NUH Singapura karena kondisi kesehatannya menurun. (mdk/ray)

Baca juga:
Ani Yudhoyono Meninggal, Ketua MPR Doakan SBY dan Keluarga Diberikan Ketabahan
Anies Baswedan Sampaikan Belasungkawa atas Meninggalnya Ani Yudhoyono
Dokter Kepresidenan Sebut Kondisi Ani Yudhoyono Sempat Membaik Lalu Drop
Jenazah Ani Yudhoyono Disemayamkan di KBRI Singapura, Besok Dimakamkan di Kalibata

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.