Jenazah HS Dilon Diserahkan ke Negara, Diterima Pangdam IX Udayana

PERISTIWA | 17 September 2019 13:21 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Upacara penyerahan jenasah aktivis HS Dillon kepada negara telah digelar di Rumah Duka RSAD Udayana, Denpasar,Bali, Selasa (17/9).

Pihak keluarga HS Dillon secara resmi menyerahkan jenasah Dillon kepada negara untuk dikremasi di Krematorium Mumbul, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (17/9)

Dalan upacara tersebut, terlihat penyerahan jenasah HS Dillon kepada negara dilakukan oleh putra sulung HS Dillon, Harysetyaka Singh Dillon. Kemudian, jenasah diterima secara simbolik oleh Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal Benny Susianto yang bertugas sebagai inspektur upacara pelepasan jenasa.

"Dengan ini saya mewakili keluarga menyerahkan jenazah Harbrinderjit Singh Dillon dari keluarga ke negara," kata Harysetyaka.

Kemudian Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal Benny Susianto menerimanya.

"Hari ini saya pimpin upacara pelepasan jenasah almarhum ke tempat untuk dikremasi karena beliau mendapatkan hak untuk diupacarai secara militer untuk pemakaman. Jenasah dikremasi setelah itu abunya akan dimakamkan ke TMP Kalibata," kata Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto yang memimpin upacara pelepasan jenasah di Rumah Duka RSAD Udayana,

"Saya atas nama negara bangsa dan Tentara Nasional Indonesia menerima Harbrinderjit Singh Dillon. Selanjutnya akan diberangkatkan ke Krematorium Taman Mumbul, Nusa Dua untuk di upacarakan secara militer," ujar Benny.

Selanjutnya, para keluarga bersama jenasah meninggalkan rumah duka cita RSAD Udayana. Kemudian membawa jenasah HS Dillon untuk dikremasi di Krematorium Mumbul, Badung, Selasa sekitar pukul 14.00 Wita. Kemudian abu jenazah akan dibawa ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Baca juga:
Sakit Komplikasi Jantung, Aktivis HAM HS Dillon Meninggal Dunia
Eks Bupati Bangkalan Fuad Amin Meninggal Akibat Serangan Jantung
Kabar Duka, Wartawan Senior Amarzan Loebis Tutup Usia
'Terima Kasih Pak Habibie Atas Semua Hal Baik untuk Negeri Ini'
JK, Sandiaga, Aburizal dan Hendropriyono Melayat Ibunda SBY di Cikeas

(mdk/rhm)

TOPIK TERKAIT