Jenazah Pasien Positif Corona di RSUD dr Moewardi Solo Dibungkus Plastik

Jenazah Pasien Positif Corona di RSUD dr Moewardi Solo Dibungkus Plastik
PERISTIWA | 13 Maret 2020 17:22 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Seorang pasien di RSUD dr Moewardi Solo yang meninggal, Selasa (10/3), dinyatakan positif corona. Penanganan jenazah dilakukan berdasarkan protokol tetap (protap). Jenazah dibungkus plastik.

"Jadi langsung dimakamkan, tidak boleh dibuka plastiknya," ujar dokter Spesialis Penyakit Paru-Paru RSUD dr Moewardi, Solo Harsini kepada wartawan, Jumat (13/3).

Menurut Harsini, pihak rumah sakit juga melakukan swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan tes laboratorium. Namun demikian hingga saat ini pihaknya belum mengetahui hasil tes tersebut.

Lebih lanjut Harsini menjelaskan, penanganan jenazah tersebut dilakukan sebagai antisipasi penularan. Sementara keluarga korban meninggal langsung masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP). Pemantauan akan dilakukan hingga pemeriksaan swab diketahui hasilnya.

Sebelumnya, RSUD dr Moewardi merawat 2 pasien di ruang isolasi. Kedua pasien warga Solo tersebut mengeluhkan demam dan batuk usai bepergian ke luar provinsi. Seorang meninggal dunia merupakan warga kelahiran Kabupaten Magetan yang tinggal di Semanggi, Pasarkliwon, Solo, berusia 59 tahun. Sedangkan satu lagi pasien berumur 60 tahun.

"Kedua pasien tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri. Pada 25-28 Februari mereka berada di Bogor, Jawa Barat. Sepulang dari Bogor, keduanya mulai batuk dan pilek. Mereka mulai mendapatkan perawatan di ruang isolasi pada Minggu (10/3) malam lalu," jelas Kasubag Hukum dan Humas RSUD dr Moewardi, Eko Haryanti. (mdk/cob)

Baca juga:
69 Orang Positif Corona di Indonesia, Dua Balita Tertular Orangtua
5 dari 21 Orang yang Kontak dengan Kasus 25 Dinyatakan Negatif Corona
Bertambah 35, Pasien Positif Corona di RI Total 69 Orang
Strategi Kemenhub Cegah Penyebaran Virus Corona Saat Mudik
Disinfektan Bisa Membunuh Virus Corona Dalam Hitungan Menit

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami