Jenazah PDP Dibawa Kabur Keluarga dari RSUD Pirngadi Medan

Jenazah PDP Dibawa Kabur Keluarga dari RSUD Pirngadi Medan
PERISTIWA » MAKASSAR | 6 Juli 2020 10:59 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Kasus jenazah pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 dibawa paksa keluarga kembali terjadi di Medan. Peristiwa teranyar di RSUD dr Pirngadi Medan, Sabtu (4/7).

Berdasarkan informasi dihimpun, jenazah yang telah menjalani proses pemulasaran itu sudah dinaikkan ke ambulans. Namun pihak keluarga meminta agar menyalatkannya lebih dulu.

"Keluarga meminta agar disalatkan dahulu, maka jenazahnya pun diturunkan dari ambulans," kata Kasubag Hukum dan Humas RSUD dr Pirngadi Medan Edison Perangin-angin, Minggu (5/7).

Setelah jenazah yang sudah berada dalam peti itu diturunkan, bukannya disalatkan, malah dinaikkan ke dalam mobil pribadi yang dibawa keluarga itu. Mereka kemudian pergi.

Edison menyatakan tidak mau mengomentari lebih jauh kejadian itu. "Sudah ranahnya pihak kepolisian," sebutnya.

Pasien yang meninggal dunia, sebelumnya masuk ke RSUD Pirngadi pada Jumat (3/7) malam. Dia mengalami pneumonia dan statusnya ditegakkan sebagai PDP, lalu meninggal dunia pada Sabtu (4/7) dinihari.

Beberapa hari sebelumnya, pengambilan paksa jenazah juga terjadi di RSU Madani, Medan. Setelah bersitegang dengan petugas keamanan, keluarga tetap membawa jenazah yang sebelumnya telah berstatus PDP menggunakan kendaraan umum.

Sementara juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid- 19 Provinsi Sumut, Aris Yudhariansyah, menyayangkan peristiwa itu. Dia khawatir kejadian ini dijadikan pembenaran bagi keluarga lainnya.

Aris berharap masyarakat tetap mematuhi protokol pemulasaran jenazah Covid-19. "Karena protokol ini dibuat adalah semata-mata untuk menjaga masyarakat supaya tidak menambah kasus-kasus baru Covid-19," pungkasnya. (mdk/lia)

Baca juga:
Keluarga Bawa Kabur Jenazah PDP Covid-19 Usai Kelabuhi Petugas, Ini Kronologinya
WHO Sebut Hydroxychloroquine Tak Bisa Obati Covid-19 dan Hentikan Uji Coba
239 Ilmuwan Simpulkan Virus Corona Menular Lewat Udara, Desak WHO Revisi Penanganan
Tekan Penyebaran Covid-19, Warga Keluar Masuk Makassar Bakal Dibatasi
Menko PMK Minta Inovasi Universitas Bantu Penanggulangan Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami