JK: Keberhasilan PSBB Tergantung Disiplin Masyarakat dan Sanksi Pemerintah

JK: Keberhasilan PSBB Tergantung Disiplin Masyarakat dan Sanksi Pemerintah
Ketua Gugus Tugas kunjungi Gudang Darurat Covid-19 PMI. ©Liputan6.com/Faizal Fanani
PERISTIWA | 17 September 2020 14:17 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) menjelaskan kunci kesuksesan dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan angka kasus Covid-19 yaitu dengan memberikan sanski yang dapat mendisiplinkan masyarakat. Diketahui saat ini DKI Jakarta sudah menerapkan 4 hari menerapkan PSBB ketat.

"PSBB itu sangat tergantung pada disiplin masyarakat dan kedisiplinan itu tergantung pada ketegasan dan sanksi dari pemerintah karena itu pemerintah harus tegas dan menjatuhkan sanksi kepada siapa pun yang melanggar disiplin. Itu belajar dari negara negara di dunia ini yang berhasil menurunkan penyebaran Covid yaitu membangun kedisiplinan," kata JK di Kantor PMI Pusat, Jakarta, Kamis (17/9).

JK juga meminta agar seluruh masyarakat ikut partisipasi untuk memerangi Covid-19 yang semakin meninggi di Indonesia. Terutama di wilayah DKI Jakarta. Dia menjelaskan salah satu yang dapat dilakukan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan. Tidak hanya itu, dia juga meminta agar para pengusaha untuk bisa memberikan donasi.

"Karena itu kita mengharapkan partisipasi masyarakat dan pengusaha untuk membantu mensponsori itu, karena hanya itu cara untuk mengatasi dan mengurangi penularan Covid ini," ujar JK.

Diketahui pemerintah provinsi (Pemprov) DKI menerjunkan sedikitnya 6.800 personel gabungan dari unsur TNI-Polri dan pemerintah daerah untuk mengawal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

"Total personel gabungan yang diterjunkan sebanyak 6.800 personel," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa (15/9).

Yusri mengatakan 6.800 personel itu terdiri dari personel TNI-Polri dan Pemerintah Daerah DKI Jakarta yakni Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub), yang ditambah personel dari kejaksaan dan pengadilan.

"Kemarin sudah kita laksanakan kegiatan rapat koordinasi instansi terkait Polri, TNI, Pemerintah Daerah dalam hal ini Satpol PP dan Dishub, Pengadilan dan Kejaksaan," tambahnya.

Baca Selanjutnya: Sejumlah Personel Dikerahkan...

Halaman

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami