JK Minta Masjid Gaungkan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19 Setiap Salat 5 Waktu

JK Minta Masjid Gaungkan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19 Setiap Salat 5 Waktu
PERISTIWA | 16 Juli 2020 21:32 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) meminta pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) seluruh Indonesia untuk menyampaikan seruan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 di setiap kali pelaksanaan sholat lima waktu menggunakan pengeras suara masjid.

Ketua DMI yang juga pernah menduduki kursi Wakil Presiden RI era pertama kepemimpinan Presiden Joko Widodo itu mengungkapkan bahwa fungsi masjid adalah untuk memakmurkan dan dimakmurkan. Oleh karena itu masjid harus menjadi pusat tempat orang menyelesaikan masalah dan menjadi pusat syiar untuk mendidik masyarakat agar hidup disiplin dan hidup sehat.

Menurut JK, ada tiga cara untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. "Jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan, dan itu menjadi bagian pokok kehidupan kita ke depan," ujar JK melalui keterangan tulis pada Kamis (16/7/2020).

JK menambahkan, masjid mempunyai kekuatan yang besar untuk menyampaikan seruan protokol kesehatan kepada masyarakat, karena masjid memiliki ribuan speaker yang setiap sholat lima waktu dapat dibunyikan.

Dia berharap agar masyarakat jangan hanya mengkritik pemerintah, akan tetapi bersama sama membantu pemerintah melawan penyebaran virus Covid-19.

"Bukan waktunya kita untuk mengkritik pemerintah, waktunya kita bekerja bersama pemerintah untuk menyelesaikan persoalan Covid-19 agar bangsa kita dapat bangkit," harapnya.

Tak lupa, JK juga meminta rumah ibadah agama lainnya untuk melakukan seruan kepada para jemaahnya agar menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan ibadah. (mdk/ded)

Baca juga:
Imbas Corona, Pemerintah Genjot Sistem Barter Komoditas Ekspor Hasil Bumi Indonesia
Pemerintah Beri Bantuan Operasional dan Proses Belajar Online Pesantren Rp 2,5 T
Bioskop di Tangerang akan Dibuka Kembali Akhir Juli
Jaga Logistik Masa Pandemi, Menhub Pastikan Pelabuhan Indonesia Selalu Terbuka
Kota Bekasi akan Denda Warga Tak Pakai Masker Mulai 27 Juli
Tak Cuma Pesantren, Pemerintah Turut Beri Rp 10,5 M untuk Lembaga Pendidikan Kristen

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami