JK: PMI akan rehabilitasi korban gempa Aceh

JK: PMI akan rehabilitasi korban gempa Aceh
Gempa Aceh. ©Reuters
NEWS | 5 Juli 2013 17:39 Reporter : Andrian Salam Wiyono

Merdeka.com - Palang Merah Indonesia (PMI) telah memberikan bantuan berupa pangan dan medis terhadap korban gempa di Kabupaten Aceh Tengah. Karena banyaknya rumah yang porak poranda, PMI juga akan melakukan rehabilitasi rumah.

"PMI sudah mengirimi bantuan. Selimut, makanan, dokter semua sudah, tapi kebutuhan yang paling dibutuhkan yakni makanan dan selimut," kata Jusuf Kalla di Sukamiskin, Bandung, Jumat (5/7).

Menurut Kalla, saat ini banyak korban akibat gempa yang membutuhkan bantuan untuk merehabilitasi rumah sehingga bisa ditempati secepatnya. Dua atau tiga minggu ini pihaknya mengusahakan sudah ada rehabilitasi.

"Tahap berikutnya rehabilitasi rumah lewat BNPB pemerintah daerah, untuk totalnya saya enggak tahu berapa jumlahnya," katanya. Dia menambahkan, PMI juga akan mendampingi terhadap orang yang terkena traumatik akibat gempa yang menewaskan puluhan orang tersebut.

"Kalau yang stres ada pendampingnya psikolog," katanya. Saat ini kebanyakan korban gempa dengan kekuatan 6,2 skala richter menginap di lokasi pengungsian.

Bencana gempa terjadi sekitar pukul 14.37 WIB, Selasa (2/7). Gempa dirasakan selama 15 detik oleh masyarakat Bener Meriah hingga Banda Aceh.

Gempa susulan di lokasi yang hampir sama dengan kekuatan 5,5 skala richter dan 5,3 skala richter. Gempa susulan pertama terjadi sekitar pukul 20.55 dan gempa susulan kedua pada 22.36 WIB.

(mdk/did)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami