Jokowi Akan Evaluasi Otonomi Khusus Papua

PERISTIWA | 12 Oktober 2019 10:03 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan mengevaluasi terkait pelaksanaan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua. Diketahui Pemberlakuan UU Otsus Papua sendiri akan berakhir pada 2021.

"Tentu saja akan ada evaluasi total, evaluasi koreksi selama perjalanan ini. Apa yang masih bisa diperbaiki, yang mana akan kita perbaiki, akan kita koreksi, akan kita evaluasi," kata Jokowi usai bertemu anak-anak dari Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10) kemarin.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menjelaskan nantinya pemerintah akan membicarakan kembali bersama pemerintah daerah Papua dan Papua Barat. Tetapi dia tidak merinci apa saja yang akan dievaluasi.

Tetapi hal yang paling penting kata dia, yaitu pelaksanaan otonomi khusus dan penyaluran dana dapat memberikan manfaat. Baginya, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Papua.

"Tapi yang paling penting, otsus, kemudian dana otsus itu betul-betul memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di tanah Papua, yang paling penting itu bagi perbaikan SDM di sana," tutup Jokowi. (mdk/fik)

Baca juga:
VIDEO: Momen Jokowi Bercengkerama Dengan 30 Anak SD dari Papua
Jokowi Pastikan Ada Perwakilan dari Papua Masuk Kabinet Jilid II
Jokowi Ajak 30 Anak SD dari Papua Makan Siang Bersama di Istana
Korban Kerusuhan Wamena Datangi Komnas HAM
Upaya Memulihkan Trauma Anak-Anak Wamena Pascakerusuhan
Kisah Pilu Rohena, Terpisah dengan Suami Saat Rusuh Wamena dan Bertemu Sudah Tiada

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.