Jokowi akan ke Papua 5 September, Resmikan Program Palapa Ring Timur

PERISTIWA | 30 Agustus 2019 16:59 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - Presiden RI, Joko Widodo direncanakan meresmikan program Palapa Ring Timur pada 5 September 2019 di Asmat, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jayawijaya, Isak Sawaki di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Jumat (30/8), mengatakan setelah peresmian, Palapa Ring sudah bisa digunakan.

Informasi terakhir yang diperoleh Kominfo Jayawijaya bahwa proyek Palapa Ring Papua sudah selesai setelah dirampungkan yang dibangun di Kabupaten Puncak, Papua.

"Rencana tanggal 5 September 2019 Presiden akan meresmikan Palapa Ring wilayah Timur atau yang dikenal dengan tol awan di wilayah Timur di Agats," ujarnya seperti dikutip Antara.

Isak Sawaki mengatakan rekanan yang menangani pembangunan tower palapa ring akan menyerahkan ke masing-masing pemda usai dirampungkan

"Setelah rekanan yang menangani itu sudah siapkan BTSnya lalu itu diserahkan ke masing-masing daerah untuk mengadakan layanan internet sesuai provider yang ditunjuk oleh Kementerian," tambahnya.

Diskominfo Jayawijaya telah menyurati Kemenkominfo untuk meminta penyediaan satu gigabit dari palapa ring untuk kebutuhan Jayawijaya.

"Nanti saat peresmian palapa ring baru kita realisasikan satu giga itu," lanjutnya.

Baca juga:
Gerindra Usulkan Presiden Jokowi dan Kabinet Segera Berkantor di Papua
Kepung KPK, Koalisi Masyarakat Minta Jokowi Coret Capim Bermasalah
Sering Pindah Rumah, Dua Sertifikat Tanah Jokowi di Solo Hilang
Kades di NTT Ini Kaget Dipilih Dampingi Jokowi Kunjungan ke India
Jokowi Nilai Perkembangan Destinasi Wisata Candi Borobudur Masih Lambat
Jokowi Minta Pengelola Batasi Jumlah Pengunjung yang Naik ke Candi Borobudur

(mdk/bal)