Jokowi akan Perkenalkan Para Menteri Besok Pagi

PERISTIWA | 20 Oktober 2019 14:35 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah merampungkan susunan kabinet untuk periode kedua pemerintahan. Jika tidak ada halangan, Jokowi bakal memperkenalkan para menteri hari Senin (20/10) pagi.

"Sudah rampung sudah selesai, besok pagi saya kenalkan, besok pagi," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Presiden, Minggu (20/10).

Jokowi beralasan akan mengumumkan besok, lantaran sore hari ini Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin akan berkunjung ke Jepang untuk menghadiri acara penobatan kaisar.

"Saya kenalkan besok karena nanti sorenya, Pak Kiai Ma'ruf Amin harus ke Jepang menghadiri penobatan kaisar," terang Jokowi.

Terkait susunan kabinet, Jokowi tidak mau berbicara rinci kepada wartawan. Hanya saja dia memastikan ada menteri di periode pertama yang akan ditugaskan kembali, selain juga ada nama-nama baru.

"(Nama lama) masih banyak, tapi yang baru ada banyak," ujarnya.

Jokowi keluar Istana Presiden didampingi sang istri, Iriana Jokowi, ketiga anaknya; Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep, Menantu Jokowi; Bobby Nasution, serta cucu Sedah Mirah Nasution.

Jokowi mengaku tidak ada yang spesial dengan pelantikannya kali ini. "Kalau rasanya lima tahun yang lalu sudah pernah, tentu saja yang kedua ini ya biasa-biasa saja. Yang penting setelah pelantikan kita kerja bersama-sama bawa negara ini pada sebuah Indonesia maju," tutur Jokowi.

Baca juga:
Berangkat dari Istana ke DPR, Jokowi Sempatkan Turun Sapa Warga di Monas
Dilantik Jadi Wapres, Ma'ruf Amin Kenakan Jas dan Celana
Presiden Korsel Sampaikan Selamat Atas Pelantikan Jokowi-Ma'ruf via Facebook dan Twit
Ridwan Kamil Berharap Jokowi Setujui Pemekaran Sejumlah Wilayah di Jabar
Panglima TNI Pantau Pengamanan Pelantikan Presiden Secara Real Time
Guyonan Jokowi Berbalas Senyum Iriana

(mdk/cob)