Jokowi akan Resmikan Operasional KA Bandara Solo Tanggal 24 Desember

PERISTIWA | 6 Desember 2019 00:33 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi direncanakan meresmikan operasional kereta api (KA) Bandara Solo. Kereta api tersebut akan menghubungkan Bandara Internasional Adi Soemarmo dengan Stasiun Solo Balapan, melalui Stasiun Kadipiro, sepanjang 13 kilometer.

Kepastian peresmian KA Bandara Solo disampaikan General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Abdullah Usman, Kamis (5/12). Menurut Usman, sebelum diresmikan, KA Bandara akan terlebih dahulu beroperasi pada 20 Desember.

"Rencananya akan diresmikan pada 24 Desember oleh Presiden Joko Widodo," katanya.

Usman menjelaskan, pada tahap awal KA tersebut akan beroperasi dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara. Ke depan diharapkan ada pengembangan atau perpanjangan rute. Sesuai grafik perjalanan kereta api (gapeka) penumpang nantinya hanya menunggu 19 menit.

"Jadi nanti setiap 19 menit kereta api datang. Perjalanan KA akan disinkronkan dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat," ucapnya.

Menurut Usman, pihaknya telah menyiapkan city check in di Stasiun Solo Balapan. Sehingga saat penumpang tiba di bandara, mereka tidak perlu melakukan check in. Penumpang akan langsung naik ke pesawat. Sedangkan untuk bagasi penumpang, lanjut dia, pihaknya sedang mengusahakan untuk free.

Namun ia mengaku sedang mencari pola yang tepat. Sehingga city check in di Stasiun Solo Balapan, penumpang check in sekalian bagasinya. Menurutnya, ada 61 perjalanan kereta dengan dua trainset. Terkait harga tiket, Usman menjelaskan bahwa KA bandara termasuk public service obligation (PSO), sehingga harga tiket sangat terjangkau.

"Harga tiket hanya sekitar Rp10-15 ribu saja. Kita belum memasang target penumpang, yang penting jalan dulu saja," katanya lagi.

Lebih lanjut Usman menyampaikan, KA bandara mulai beroperasi pukul 04.00 WIB dari Stasiun Solo Balapan. Dari bandara berangkat pukul 07.45 WIB, disesuaikan dengan jadwal landing pesawat pertama sekitar pukul 06.55 WIB. Saat ini, dikatakannya, pihaknya tengah mengupayakan agar anak perusahaan Angkasa Pura Logistik untuk mengurus bagasi penumpang di stasiun.

"Di bandara kami sediakan 3 loket check in, 3 timbangan, dan self-checking. Jadi di Stasiun Solo Balapan ada 1 loket dan di bandara ada 3 loket," terangnya. (mdk/cob)

Baca juga:
VIDEO: Tertunda Karena Pemilu, Anak Buah Jokowi Lanjutkan Proyek KA Bandara di Solo
Beroperasi 28 Desember, Ini Tarif KA Bandara Solo
Menhub Budi Sebut Kereta Bandara Solo Beroperasi 28 Desember 2019
Menhub Budi: Kereta Bandara Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo Beroperasi Oktober
Menhub Budi Janjikan Proyek KA Bandara Solo Selesai Oktober
PT KAI Resmikan Ruang Tunggu KA Bandara di Stasiun Solo Balapan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.