Jokowi Beri Bantuan ke Para Pelaku Usaha Kecil Ultra Mikro Rp2,4 juta

Jokowi Beri Bantuan ke Para Pelaku Usaha Kecil Ultra Mikro Rp2,4 juta
PERISTIWA | 13 Juli 2020 18:21 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi memberikan bantuan modal kerja (BMK) untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).Bantuan tersebut sebesar Rp2,4 juta.

"Ini bantuan modal kerja ini memang Isinya tidak banyak, Rp2,4 juta. Tolong diterima, digunakan semua untuk tambahan modal kerja bapak dan ibu semua. Ini adalah yang pertama kali," kata Jokowi saat memberikan bantuan kepada para pedagang di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (13/7).

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut berharap bantuan bisa dipergunakan di tengah pandemi Covid-19. Serta bisa meningkatkan omzet mereka.

"Pemerintah memulai untuk memberikan bantuan modal kerja pada usaha mikro, usaha kecil untuk bantuan modal kerja darurat. Semoga dengan bantuan ini nantinya bapak ibu bisa menambah dagangannya. Omzet juga bisa laku lebih baik," kata Jokowi.

Jokowi berharap dengan bantuan tersebut bisa membuat omzet para pelaku usaha membaik. Serta tidak menurunkan motivasi untuk bekerja.

"Saya tahu kondisi ini berat tapi kita ingin bapak ibu tetap kerja keras sesuai bidang masing-masing. Tidak usah turun semangatnya karena kondisi ini memang harus kita hadapi," ungkap Jokowi.

Sebelumnya diketahui Asisten Deputi Permodalan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Fixy, mengatakan pemerintah sedang mendesain pemberian bantuan modal kerja bagi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di luar program pemulihan ekonomi nasional sebesar Rp123 triliun. Modal kerja yang direncanakan sebesar Rp2,4 juta tersebut nantinya diperuntukkan bagi pelaku usaha yang tidak bisa mengakses stimulus sebesar Rp123 triliun.

"Untuk yang tidak bisa mengakses dana Rp123 triliun karena ini memang kan mekanismenya kebanyakan untuk UMKM yang sudah terlibat dalam lembaga pembiayaan. Ini memang pemerintah sedang mencoba menyiapkan untuk dana bantuan modal kerja untuk usaha kecil agar tidak merogoh tabungan sendiri," ujar Fixy dalam diskusi online, Jakarta, Jumat (10/7).

Dia menargetkan, realisasi kebijakan tersebut bisa segera dilakukan dalam waktu dekat. Mengingat Presiden Jokowi Widodo juga memiliki perhatian khusus terhadap nasib UMKM. "Sedang dibahas mekanismenya. Semoga bisa cepat dan terealisasi karena Presiden juga memiliki concern terhadap ini," jelasnya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Syarat Investasi Asing di UMKM: Wajib Gandeng Perusahaan Lokal Daerah
Menteri Teten Dorong Pembentukan Koperasi Pangan Maritim
Dari 2,3 Juta UMKM, Baru 201.000 yang Manfaatkan Pembebasan Pajak Penghasilan
Atasi Dampak Corona, BKPM Buka Investasi Ke Sektor UMKM
Dirjen Pajak Beri Sinyal Perpanjang Pembebasan PPh untuk UMKM Hingga Desember
Siapkan Bermacam Stimulus, Pemerintah Dorong UMKM Kembali Memulai Usaha

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami