Jokowi Beri Target ke Menkes Turunkan Angka Stunting Menjadi 14 Persen

Jokowi Beri Target ke Menkes Turunkan Angka Stunting Menjadi 14 Persen
PERISTIWA | 5 Agustus 2020 11:35 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi target kepada Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, untuk bisa menurunkan angka stunting. Jokowi awalnya menyebut ada penurunan angka stunting di tahun 2019.

"Dari data yang saya miliki ada perbaikan dalam prevalensi stunting, dari 37 persen di 2013 menjadi 27,6 persen di 2019. Ini ada penurunan yang cukup lumayan," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/8).

Namun, Jokowi belum cukup puas dengan hasil tersebut. Dirinya meminta Menteri Kesehatan menurunkan angka stunting menjadi 14 persen.

"Tapi saya rasa ini tidak cukup, kita harus menurunkan lebih cepat lagi, dan target kita sesuai yang saya sampaikan saya berikan waktu pada Menteri Kesehatan di 2024 kita harus bisa turun menjadi 14 persen," kata dia.

Jokowi juga ingin pemerintah fokus menurunkan angka stunting di 10 provinsi yang memiliki prevalensi stunting tertinggi. 10 Provinsi tersebut adalah Nusa Tenggara Timur Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah.

"Untuk itu saya juga minta para gubernur nanti Mendagri juga bisa menyampaikan gubernur, wali kota sampai ke kepala desa terutama untuk 10 provinsi tersebut bisa betul-betul konsentrasi dan fokus untuk penurunan stunting," pungkasnya. (mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami