Jokowi: BJ Habibie Negarawan yang Patut Dijadikan Contoh dan Teladan

PERISTIWA | 11 September 2019 18:50 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Habibie meninggal sekitar pukul 18.05 WIB. Presiden Jokowi mengatakan Habibie adalah seorang negarawan yang harus dijadikan contoh dalam kehidupan.

"Saya kira beliau adalah seorang negarawan yang patut dijadikan contoh dan suri teladan dalam kehidupan," kata Jokowi.

Jokowi mengenang Habibie sebagai sosok yang seringkali memberikan masukan dan solusi atas segala masalah bangsa. Masukan itu disampaikan Habibie saat berkunjung ke Istana atau Jokowi ke rumah Habibie di Kuningan, Jakarta.

"Selalu setiap persoalan-persoalan yang ada di negara kita. Yang berkaitan dengan ekonomi, kebangsaan beliau selalu langsung menyampaikan solusi-solusinya, jalan keluarnya kadang sering beliau datang ke istana atau saya datang ke rumah Pak BJ Habibie," ujarnya.

BJ Habibie meninggal dunia dalam usia 83 tahun. Habibie dirawat di RSPAD sejak 1 September lalu.

"Saya harus menyampaikan bahwa Ayah saya, Presiden Ketiga RI, BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB," kata putra Habibie, Thareq Habibie.

Sebelumnya, Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof dr Azis Rani dalam keterangan resminya menyebut bahwa Habibie masuk RSPAD sejak 1 September 2019. Ia ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

"Dalam perawatan sekarang diperlukan pengobatan yang komprehensif, mencakup berbagai gangguan organ yang terjadi," ujar Azis Rani, Selasa (11/9/2019)

Sebelumnya, Presiden ke-3 RI ini sempat dirawat di Jerman setelah mengalami kebocoran klep jantung.

Baca juga:
BJ Habibie Wafat, Presiden Jokowi Sampaikan Duka Mendalam
Jenazah BJ Habibie Akan Dibawa ke Rumah Duka di Patra Kuningan
Anak BJ Habibie: Ayah Saya Meninggal Dunia Pukul 18.05 WIB
BJ Habibie Meninggal, Presiden Jokowi Datang ke RSPAD
Presiden Ketiga RI BJ Habibie Meninggal Dunia

(mdk/ray)