Jokowi Cek Perkembangan Renovasi dan Persiapan New Normal di Masjid Istiqlal

Jokowi Cek Perkembangan Renovasi dan Persiapan New Normal di Masjid Istiqlal
PERISTIWA | 2 Juni 2020 09:51 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6). Jokowi mengecek kesiapan penerapan new normal atau tatanan kehidupan baru di masjid tersebut.

Jokowi tiba di Masjid Istiqlal sekitar pukul 09.15 WIB. Dia didampingi oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sempat masuk ke area dalam Masjid Istiqlal untuk melihat persiapan apakah dapat dibuka kembali untuk umum. Jokowi juga terlihat meninjau area perkembangan renovasi Masjid Istiqlal yang dibangun sejak Mei 2019.

"Pagi hari ini, saya kembali ke Masjid Istiqlal untuk mengecek progres perkembangan renovasi besar Masjid Istiqlal," kata Jokowi usai meninjau masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6).

Dia menjelaskan setelah melakukan peninjauan bangunan sudah sampai tahap akhir. Kurang lebih 90 persen.

"Tadi sudah disampaikan telah selesai kurang lebih 90 persen dan renovasi besar ini akan diselesaikan. Insya Allah awal bulan Juli. Memang agak mundur karena adanya pandemi covid," jelas Jokowi.

Meski pembangunan sudah 90 persen, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut belum memutuskan apakah masjid tersebut bisa digunakan. "Apakah setelah selesai akan dibuka? Belum kita putuskan," kata Jokowi.

Namun dia mendapatkan kabar bahwa masjid tersebut akan digunakan kembali pada Juli mendatang. Hal tersebut disampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

"Saya sudah mendapatkan informasi dari Prof Nasaruddin bapak imam besar Masjid Istiqlal bahwa direncanakan masjid istiqlal akan dibuka nanti pada bulan Juli tetapi keputusannya ada nanti di bapak imam besar Masjid Istiqlal," jelas Jokowi.

Jokowi pun mengingatkan jika rumah ibadah sudah bisa digunakan persiapkan dan perketat protokol kesehatan. Sehingga kata dia, jemaah yang melaksanakan ibadah bisa terhindar dari Covid-19.

"Saya titip untuk disiapkan protokol-protokol kesehatan sehingga nanti pada saat kita melaksanakan solat di masjid istiqlal ini semuanya aman dr covid," kata Jokowi.

1 dari 1 halaman

Seperti diketahui, Menteri Agama Fachrul Razi mengizinkan rumah ibadah kembali digunakan untuk kegiatan keagamaan di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19. Dia menyebutkan, syaratnya harus mengantongi surat keterangan aman Covid-19.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid di Masa Pandemi.

Fachrul Razi mengatakan, rumah ibadah yang diperbolehkan untuk menyelenggarakan kegiatan berjemaah dengan berbagai pertimbangan, di antaranya tak ditemukan kasus Covid-19 di lingkungan tersebut.

"Bukan hanya berdasarkan status zona yang berlaku di daerah. Meskipun daerah berstatus zona kuning, namun bila di lingkungan rumah ibadah tersebut terdapat kasus penularan Covid-19, maka rumah ibadah dimaksud tidak dibenarkan menyelenggarakan ibadah berjemaah," ujar dia saat Konferensi Pers di Gedung BNPB, Sabtu (30/5/2020).

Fachrul menerangkan, rumah ibadah yang berada di kawasan bebas Covid-19 dapat mengajukan permintaan ke Ketua Gugus Tugas untuk mendapatkan Surat Keterangan Rumah Ibadah Aman Covid-19.

Menurut Fachrul, surat keterangan akan dicabut bila dalam perkembangannya timbul kasus penularan di lingkungan rumah ibadah tersebut. Atau, kata Fachrul ditemukan ketidaktaatan terhadap protokol yang telah ditetapkan.

Jokowi terakhir meninjau masjid Istiqlal pada Jumat (7/2). Pelaksanaan renovasi masjid Istiqlal dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya selama 300 hari kalender melalui Kontrak Tahun Jamak (2019-2020) atau sekitar 10 bulan.

Kontraktor yang mengerjakan proyek ini adalah PT Waskita Karya (Persero) dengan Manajemen Konstruksi oleh PT Virama Karya. (mdk/ray)

Baca juga:
Denny Indrayana Nilai Sulit Gunakan Kebijakan Covid-19 untuk Makzulkan Presiden
Gerindra: Pemerintah Bantu Perusahaan Lawan Corona, Kenapa Rakyat Kecil Tidak?
Jokowi: Situasi Sulit Masih akan Dihadapi, Perlu Daya Juang Kita untuk Melewati
Jokowi Sebut Pancasila Tetap Jadi Bintang Penjuru Hadapi Pandemi Covid-19
Jokowi Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5