Jokowi: Eselonisasi Harus Disederhanakan Menjadi 2 Level Saja

PERISTIWA | 20 Oktober 2019 16:49 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo sudah menyusun program kerja yang akan dikebut lima tahun ke depan. Ada lima poin penting, seperti penyederhanaan birokrasi, investasi untuk penciptaan lapangan kerja juga harus diprioritaskan.

"Prosedur yang panjang harus dipotong. Birokrasi yang panjang harus kita pangkas," tegasnya saat berpidato usai pelantikan sebagai presiden terpilih di Gedung DPR/MPR, Minggu (20/10).

Lalu, Jokowi juga ingin eselonisasi harus disederhanakan. "Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi," jelasnya.

Jokowi juga meminta kepada para menteri, para pejabat dan birokrat, agar serius menjamin tercapainya tujuan program pembangunan. Bagi yang tidak serius, Jokowi menegaskan tidak akan memberi ampun. "Saya pastikan, pasti saya copot." (mdk/did)

Baca juga:
Jusuf Kalla Tukar Kursi dengan Ma'ruf Amin, Simbol Peralihan Kekuasaan
Presiden Jokowi Akan Prioritaskan Lima Hal Ini Dalam Periode Kedua Kepemimpinan
Jokowi yang Tak Ingin Monoton dan Berorientasi Hasil Bukan Proses
Jokowi: Layarku Sudah Terkembang, Kemudiku Sudah Terpasang
Jokowi ke Calon Menteri: Bagi yang Tidak Serius, Pasti Saya Copot

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.