Jokowi: Fakta di Lapangan, Kurva RO di Bekasi Sudah di Bawah 1

Jokowi: Fakta di Lapangan, Kurva RO di Bekasi Sudah di Bawah 1
PERISTIWA | 26 Mei 2020 16:07 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan kurva penyebaran virus corona (Covid-19) di Kota Bekasi, Jawa Barat saat ini sudah terkendali. Menurut dia, indeks penularan (R0) virus corona di Kota Bekasi sudah di bawah 1.

"Angka-angka, fakta di lapangan, angka-angka bagaimana kurva R0-nya seperti di Bekasi sudah di bawah 1, sudah bagus," kata Jokowi usai meninjau persiapan penerapan new normal atau tatanan kehidupan baru di Summarecon Mall Bekasi, Selasa (26/5).

Dia pun meminta agar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bekasi Rachmat Effendy terus menekan angka penyebaran virus corona di wilayahnya. Dengan begitu, maka masyarakat dapat tetap produktif namun aman dari corona.

"Tadi saya sampaikan ke Wali Kota, Gubernur, di Bekasi terus diteken R0 di bawah 1," ucap Jokowi.

Untuk menghadapi new normal, Jokowi telah mengerahkan TNI-Polri untuk mengawasi masyarakat agar disiplin mengikuti protokol kesehatan Covid-19. TNI-Polri diturunkan di setiap titik-titik keramaian di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota.

"Kita ingin sekali lagi bisa masuk ke normal baru. Masuk tatanan baru dan kita ingin muncul kesasaran yang kuat kedisiplinan yang kuat sehingga R0 bisa kita tekan di bawah 1," jelasnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan aparat keamanan tersebut akan berjaga di sejumlah titik-titik keramaian, seperti mal, pasar, hingga tempat wisata. Hadi menyebut setidaknya ada 1.800 objek di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota yang akan dilakukan pendisiplinan secara masif oleh TNI-Polri.

"Anggota Polri yang akan dilibatkan kurang lebih 340.000 karena kita harus mengamankan di 1.800 titik tersebut," kata Hadi usai mendampingi Presiden Jokowi meninjau kesiapan penerapan new normal di Statiun MRT Bundaran HI Jakarta, Selasa.

Dia menuturkan pelaksanaan pendisiplinan di titik-titik keramaian akan dilakukan secara bertahap. Hadi menyebut pendisiplinan ini untuk mengawasi masyarakat disiplin mengikuti protokol kesehatan sehingga dapat menekan angka penyebaran virus corona di Indonesia.

"Yang kita laksanakan adalah pertama harus seluruh masyarakat kita awasi supaya tetap memakai masker. Kedua dalam berkegiatan harus jaga jarak aman, kemudian kita sediakan tempat mencuci tangan atau hand sanitizer," tutur dia.

Reporter: Lisza Egeham
Sumber : Liputan6.com (mdk/rhm)

Baca juga:
Protokol Kesehatan Saat Masa New Normal Untuk Kegiatan di Sektor Jasa dan Perdagangan
Gugus Tugas Pakai Indikator Kesehatan Tentukan Risiko Wilayah Terdampak Corona
Kawal New Normal, Aparat TNI Jaga Stasiun MRT Bundaran HI
Ada yang Meninggal, Pedagang Pasar Palembang Dites Massal dan Diminta Isolasi Mandiri
Moeldoko Minta Anak Buahnya Siap Masuk Kantor Fase New Normal
Kapolri Idham Azis Perpanjang Operasi Ketupat 2020 Hingga 7 Juni

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5