Jokowi: Indonesia Berupaya Agar G20 Bekerja untuk Kepentingan Semua

Jokowi: Indonesia Berupaya Agar G20 Bekerja untuk Kepentingan Semua
Jokowi pidato di Sidang Umum PBB. ©REUTERS/Eduardo Munoz/Pool
NEWS | 23 September 2021 12:21 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Indonesia pada tahun 2022 akan memegang Presidensi G20 dengan mengusung tema 'Recover Together, Recover Stronger'. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, bahwa Indonesia akan berupaya agar G20 dapat bekerja untuk kepentingan semua negara.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam pidatonya pada sesi debat umum Sidang Majelis Umum ke-76 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Kamis (23/9).

"Tahun 2022 Indonesia akan memegang presidensi G20 dengan tema besar recover together, recover stronger. Indonesia akan berupaya agar G20 bekerja untuk kepentingan semua," ucapnya.

Jokowi berkomitmen bahwa Indonesia akan bekerja untuk negara maju dan berkembang. Kemudian, untuk negara di Utara dan Selatan.

"Negara besar dan kecil, negara kecil di pasifik, serta kelompok rentan yang harus diprioritaskan," kata eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Kepala Negara menyebut, RI menjadikan inklusivitas sebagai prioritas utama kepemimpinan Indonesia. Ia tak ingin ada satu negara pun yang tertinggal.

"Inklusivitas adalah prioritas utama kepemimpinan indonsia. Ini komitmen indonesia untuk membuktikan no one left behind," tegas Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan hasil sidang majelis umum PBB ditunggu oleh masyarakat dunia untuk mejawab kegelisahan utama dunia. Yaitu kapan masyarakat akan terbebas dari pandemi dan kapan perekonomian segera pulih dan tumbuh inklusif.

"Bagaimana menjamin ketahanan planet ke depan serta kapan dunia akan terbebas dari konflik terorisme dan perang. Melihat perkembangan dunia sampai sekarang ini, banyak hal yang harus kita lakukan bersama sama," pungkasnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Perdana, Indonesia Jadi Tuan Rumah Presidensi G20 di 2022
Pemerintah Siapkan Fasilitas Kesehatan Tipe A Saat Acara Presidensi G20
Bank Indonesia akan Dorong UMKM Go Digital Lewat KTT G20 2022
Bos BI Bakal Bahas soal Rupiah Digital di Presidensi G20
Jadi Tuan Rumah G20, Indonesia Bakal Serap 33.000 Tenaga Kerja
Pemerintah Tidak Beri Toleransi Dengan Ancaman Apapun Saat Acara Presidensi G20

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami