Jokowi Ingin Rapat Bahas Pangan dan Energi Setiap Minggu

Jokowi Ingin Rapat Bahas Pangan dan Energi Setiap Minggu
Jokowi saat memimpin rapat. ©2022 Merdeka.com/rustam biro pers
NEWS | 9 Mei 2022 21:40 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar rapat terbatas yang membahas soal pangan dan energi digelar setiap minggu. Dia menekankan pentingnya pangan dan energi untuk stabilitas ekonomi nasional.

"Saya sudah minta kemarin kepada Setkab agar setiap minggu seperti kita melakukan rapat terbatas mengenai PPKM, ini juga sama urusan pangan urusan energi harus juga dilakukan mingguan," kata Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Negara Jakarta, Senin (9/5).

"Karena betapa pentingnya pengelolaan dua hal ini bagi stabilisasi stabilitas ekonomi kita, utamanya stabilitas harga dan barang-barang pokok rakyat," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Gejolak Ekonomi Global

Dia juga mewanti-wanti jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap gejolak ekonomi global. Pasalnya, perang antara Rusia dan Ukraina belum selesai dan diprediksi akan berkepanjangan

"Hati-hati sampai saat ini perang di Ukraina masih belum berakhir dan kelihatannya menunjukkan tanda-tanda yang berkepanjangan sehingga ketidakpastian global menjadi semakin tidak pasti," jelasnya.

Menurut dia, ketidakpastian global ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, karena perang. Kedua, kebijakan moneter Amerika yang lebih agresif dalam meredam inflasi.

"Ini akan memunculkan menyebabkan resesi di banyak negara. Oleh sebab itu, pengelolaan ekonomi makronya harus betul-betul diikuti secara detail dan mikronya juga. Semua kementerian terkait dengan ini betul-betul juga mengikuti terus dan yang utamanya yang berkaitan dengan pangan dan energi," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Menteri Diminta Peka

Di sisi lain, Jokowi juga mengingatkan para menterinya untuk memiliki kepekaan yang tinggi mengenai krisis yang ada di Indonesia dalam menghadapi krisis global.

Adapun Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ekonomi Indonesia tumbuh 5,01 persen di kuartal I 2022.

"Ini sebuah angka yang kalau dibandingkan dengan negara-negara lain saya kira growth kita sangat baik, sehingga ini harus kita pertahankan kita tingkatkan di kuartal yang kedua," ucap Jokowi.

Reporter: Lizsa Egeham/Liputan6.com.

(mdk/yan)

Baca juga:
Istana Ungkap Alasan Carter Pesawat Garuda saat Jokowi Kunjungan ke Amerika
Jokowi Pagi Ini Terbang ke Washington DC, Hadiri KTT Khusus ASEAN-AS
Mertua Panglima TNI Jenderal Andika Dijenguk Jokowi, Ini Potretnya Penuh Keakraban
Jokowi Ingin Rapat Bahas Pangan dan Energi Setiap Minggu
Jokowi Minta Mentan Terapkan Lockdown Zonasi untuk Cegah Mutasi PMK Hewan Ternak
Tak Ada Macet Berhari-hari, Jokowi Apresiasi Manajemen Arus Mudik dan Balik Lebaran

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami