Jokowi Janji Kaji Usulan Pemekaran Wilayah Pegunungan Tengah Papua

PERISTIWA | 28 Oktober 2019 19:37 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Setelah dilantik, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja pertamanya ke Papua. Kunjungan dilakukan selama empat hari.

Saat berdialog dengan perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat Papua di Wamena Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua, Jokowi berjanji akan menindaklanjuti usulan pemekaran wilayah di Pegunungan Tengah, Provinsi Papua.

Dalam dialog tersebut, Jokowi menjelaskan bahwa pemekaran wilayah di seluruh Indonesia sedang dalam moratorium atau penangguhan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya usulan pemekaran, baik provinsi maupun kabupaten atau kota.

"Sebetulnya saya ngomong apa adanya, sebetulnya kita kan sudah sampaikan sejak awal kita sudah moratorium tidak ada pemekaran di seluruh Indonesia. Karena apa?" kata Jokowi dikutip dari rilis Biro Pers Sekretariat Presiden, Senin (28/10).

"Karena ada 183 pemekaran baik provinsi, kabupaten, maupun kota yang diusulkan kepada saya. Begitu dibuka satu, yang lain pasti ngantre di depan kantor saya setiap hari," sambungnya.

Kendati begitu, dia mengatakan, khusus untuk wilayah Pegunungan Tengah, Papua, usulan pemekaran wilayah akan ditindaklanjuti. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, hal tersebut akan menjadi pekerjaan rumah baginya setelah pulang dari Papua.

"Tapi khusus untuk Pegunungan Tengah, jangan tepuk tangan dulu, akan saya tindak lanjuti," ucap Jokowi disambut tepuk tangan para warga.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, Wakil Menteri, PUPR Wempi Wetipo, Plt Kapolri, Komjen Ari Dono, dan Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Presiden Jokowi Beri Isyarat Bangun Istana di Papua
Jokowi Minta Rehabilitasi Bangunan Rusak di Wamena Dipercepat
Tak Masuk Kabinet, Hanura Pertanyakan Kebersamaan Parpol TKN Jokowi-Ma'ruf di Pilpres
Politikus PDIP Ini Yakin Gibran Sangat Siap Pimpin Solo
Antusias Anak-Anak Pedalaman Papua Barat Sambut Kedatangan Jokowi & Iriana
Jadi Menteri Termuda, Nadiem Sebut 'Sinyal Saatnya Pemuda Bangkit'
Mengintip Komposisi Kabinet Jokowi-Ma'ruf & Tantangannya ke Depan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.