Jokowi-JK Segera Berakhir, Para Menteri Ini Pamit

PERISTIWA | 19 September 2019 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Kabinet Pemerintahan Presiden Jokowi periode pertama bakal segera berakhir. Jokowi dan Ma'ruf Amin bakal dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober nanti. Kabinet baru pun bakal dibentuk Jokowi-Amin.

Satu persatu menteri kabinet Jokowi jilid I pun berpamitan. Pamitnya para menteri tersebut menandakan berakhirnya masa tugas mereka. Sebab tidak semua menteri akan kembali menjadi menteri di pemerintahan Jokowi periode ke-2. Berikut menteri-menteri Jokowi yang sudah lebih dulu berpamitan:

1 dari 3 halaman

Tjahjo Kumolo

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berpamitan di akhir sambutannya saat melantik pejabat Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP). Dia pamit menjelang akhir masa jabatan sebagai menteri Kabinet Kerja I.

"Saya mohon maaf apabila selama hampir lima tahun kurang satu bulan setengah ini ada hal-hal yang mungkin kurang berkenan. Berbagai pernyataan, berbagai sikap, berbagai kebijakan tentu ada kekhilafan, ada kekurangpuasan," kata Tjahjo di Kantor Kemendagri.

2 dari 3 halaman

Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga berpamitan saat rapat kerja dengan komisi IV DPR. Ia meminta maaf bila ada kesalahan selama lima tahun menjabat sebagai menteri.

"Walaupun saya dikenal tukang nembakin kapal, tapi saya menjalankan amanah, bukan untuk pribadi. Dengan segala kerendahan hati saya mohon maaf. Saya tidak pernah berpengalaman jadi menteri sebelumnya, jadi mohon maaf," kata Susi.

3 dari 3 halaman

Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan juga berpamitan jelang pembentukan kabinet Jokowi jilid II. Luhut berpamitan ketika rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR.

"ini pertemuan terakhir kita. Bapak ibu menjadi mitra kerja kami, saya minta maaf kalau ada salah," kata Luhut.

Meski begitu, Luhut tetap berharap agar silaturahmi tetap berjalan walau perubahan terjadi di pemerintahan ataupun DPR. (mdk/dan)

Baca juga:
Pengusaha Ingin Sri Mulyani Tetap jadi Menteri Jokowi
Hipmi Minta Menteri Kabinet Jokowi Jilid II Pro Pengusaha Kecil
Dialog Jokowi dan Pengusaha Sebut 3 Nama Calon Menteri Keuangan
Kriteria Menteri Kabinet Jokowi Periode II Idaman Pengusaha
Pengusaha Tak Ingin Menteri Ekonomi Jokowi dari Partai Politik
Hendropriyono Ingatkan Pemilihan Menteri Hak Prerogatif Jokowi
Presiden Jokowi: Menteri Jangan Kayak Pejabat Minta Dilayani