Jokowi Kenalkan KIP Kuliah saat Bertemu 3.300 Pelajar Jakarta Selatan

PERISTIWA | 6 Maret 2019 18:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memperkenalkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah kepada 3.300 pelajar SD, SMP, SMA Jakarta Selatan penerima bantuan KIP. KIP Kuliah merupakan salah satu program baru yang akan dijalankan Jokowi apabila terpilih kembali menjadi presiden pada periode kedua.

"Anak-anak ku saya beritahu ya, nanti ini kan Kartu Indonesia Pintar hanya untuk SD, SMP, SMA, SMK, nanti ke depan kami akan ada lagi KIP untuk kuliah," ujar Jokowi di SLB Negeri Pembina Lebak Bulus Jakarta Selatan, Rabu (6/3).

Jokowi mengatakan, pelajar SMA/SMK yang nantinya ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, dapat menggunakan KIP Kuliah. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berpesan agar para siswa untuk rajin belajar agar bisa melanjutkan ke bangku kuliah.

"Yang paling penting anak-anak harus berprestasi dan memiliki semangat belajar yang baik," kata Jokowi.

Sebelumnya, capres petahana Joko Widodo atau Jokowi memamerkan beberapa program baru saat pidato politik bertajuk 'Optimis Indonesia Maju' dalam Konvensi Rakyat di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat. Salah satunya, KIP Kuliah.

Dia mengatakan, penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah nantinya bisa melanjutkan pendidikan tinggi hingga ke luar negeri. Menurut dia, program KIP ini diperluas dengan tujuan agar pelajar di Indonesia mendapatkan pendidikan terbaik.

"Nanti terangkut kuliah. Kuliah itu bisa di universitas, politeknik, bisa dalam negeri, bisa di luar negeri," kata Jokowi di PLTU Cilacap Jawa Tengah, Senin (25/2/2019).

Jokowi memastikan anggaran untuk KIP kuliah telah disiapkan. Kendati begitu, dia masih enggan menyebut total uang yang dianggarkan.

"Jumlahnya akan sangat besar anggarannya. Kita siapkan besar," ucap Jokowi.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Jokowi Bagikan 3.300 Kartu Indonesia Pintar
Survei PolMark, TKN Jokowi Tak Yakin Undecided Voters Sampai 30%
Arief Poyuono: Saya Tak Salahkan Pemerintah, Tapi Jokowi Gagal Berantas Narkoba
Mendikbud Soal Emak-emak Tuding Jokowi Hapus Pendidikan Agama: Tidak Benar Itu!
Moeldoko Tegaskan Kartu Pra-Kerja Dicabut Setelah Pemegang Dapat Pekerjaan
Survei PolMark: Prabowo Masih Berpeluang Kalahkan Jokowi
Hasil 3 Survei Terbaru, Jokowi vs Prabowo Terpaut Jauh

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.