Jokowi Kirim Undangan Ajak Paus Fransiskus Berkunjung ke Indonesia

PERISTIWA | 24 Januari 2020 23:25 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengirim undangan resmi kepada pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus. Juru Bicara Kepresidenan, Fadjroel Rachman mengatakan melalui surat tersebut Jokowi mengundang Paus Fransiskus berkunjung ke Indonesia.

"Undangan itu menyesuaikan dengan rencana kunjungan beliau (Paus Fransiskus) ke Indonesia," kata Fadjroel saat dihubungi merdeka.com, Jumat (24/1).

Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah menyebut undangan dikirim setelah Jokowi mendengar kabar Paus Fransiskus ingin melawat ke Asia Tenggara, termasuk ingin mengunjungi Indonesia.

"Berdasarkan informasi ini, Presiden Jokowi mengirim undangan pada Paus jika jadi melawat ke Asia Tenggara juga ke Indonesia," ujar Teuku Faizasyah.

Berdasarkan salinan surat undangan yang beredar, Jokowi mengaku telah menerima kabar bahwa Paus Fransiskus berencana untuk mengunjungi Indonesia pada September tahun ini. Surat undangan tersebut dibuat Jokowi pada 16 Januari 2020.

©2020 Merdeka.com/Titin Supriatin

"Sehubungan dengan itu, dengan gembira saya menyampaikan kepada Bapa Suci, sebagai Pemimpin Spiritual Gereja Katolik, sebuah undangan resmi untuk menjadi tamu kami," kata Jokowi dalam suratnya.

Jokowi percaya bahwa kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia akan menjadi momentum yang sangat baik untuk mempererat persahabatan dan kerja sama demi kemaslahatan bersama.

"Seraya menantikan untuk menyambut Yang Teramat Mulia di Indonesia, terimalah, Bapa Suci, penghargaan saya yang setinggi-tingginya," ucap Jokowi menutup isi surat itu. (mdk/ded)

Baca juga:
Imam Besar Al-Azhar Ucapkan Selamat Natal kepada Paus dan Umat Nasrani Sedunia
Pesan Natal Paus Fransiskus: Tuhan Tetap Mencintai Kita Walaupun Kita Berbuat Salah
Paus Fransiskus Kecam Budaya Konsumerisme Jelang Natal
Paduan Suara Pemuda Muslim Sambut Paus Fransiskus dalam Kunjungan ke Thailand
Potret Kehidupan Umat 'Kristen Tersembunyi' yang Nyaris Punah di Jepang

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.