Jokowi Klaim Pemerintah Sudah Lakukan Segala Cara Tangani Karhutla

PERISTIWA | 17 September 2019 11:36 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung sejumlah titik kebakaran hutan dan lahan di Riau untuk memastikan penanganan berjalan maksimal. Dia mengklaim pemerintah sudah melakukan segala cara agar kebakaran hutan segera padam.

"Segala usaha sudah dilakukan. Yang di darat (pemadaman) sudah semuanya, tambahan pasukan kemarin sudah saya perintahkan juga. Kemarin datang totalnya 5.600 (pasukan)," ujar Jokowi di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Selasa (17/9).

Jokowi mengatakan, pemerintah terus melakukan water bombing di lokasi karhutla. Setidaknya, sebanyak 52 pesawat dikerahkan untuk melakukan pemadaman tersebut. Hujan buatan di sekitar lokasi kebakaran juga akan sudah disiapkan sebagai opsi lain.

"Ini mau berangkat (pesawat penyemai) hujan buatan. Hari Jumat lalu juga sudah kita perintahkan, sudah diterbangkan dan alhamdulillah saat itu di Indragiri Hilir juga hujan turun. Ini sekarang kita lakukan lagi menabur garam," ungkap Jokowi.

"Karena awannya ada kita berdoa semoga nanti juga jadi hujan, insyaAllah di hari ini," sambung dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menuturkan, sebenarnya pencegahan adalah cara terbaik agar kebakaran hutan tidak semakin meluas. Oleh karenanya, dia meminta semua pihak tidak lagi melakukan pembakaran lahan gambut maupun hutan.

Dia juga telah memerintahkan aparat penegak hukum untuk menindak para pelaku pembakaran hutan baik individu maupun korporasi.

"Upaya hukum sudah kita lakukan. Baik yang perorangan baik korporasi semuanya sudah ada tindakan tegas ke sana," ungkap Jokowi.

Baca juga:
Ini Bukti Kebakaran Hutan di Indonesia Sudah Gawat Darurat
Polda Kalbar Tetapkan 66 Tersangka Karhutla Termasuk 15 Korporasi
Pemprov DKI Jakarta Kirim 65 Petugas Bantu Penanganan Karhutla
Kabut Asap Makin Buruk, Kemensos Siapkan 15 Safe House di Riau
30 Persen Penerbangan Dibatalkan Imbas Kebakaran Hutan dan Lahan

(mdk/ray)