Jokowi: Kunjungan Menlu AS Saat Pandemi Tunjukkan Arti Pentingnya Kemitraan Strategis

Jokowi: Kunjungan Menlu AS Saat Pandemi Tunjukkan Arti Pentingnya Kemitraan Strategis
PERISTIWA | 29 Oktober 2020 12:03 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10). Jokowi mengatakan kunjungan kali ini memberikan makna di tengah pandemi bahwa Indonesia dan AS memiliki kemitraan yang strategis.

"Good morning, nice to see you again," kata Jokowikata Jokowi membuka pertemuan bersama Pompeo di Istana Bogor, Jawa Barat.

"Kunjungan Anda di tengah pandemi ini menunjukkan arti penting kemitraan strategis antara Indonesia dan Amerika dan selama pandemi ini saling kunjung antara pejabat kita cukup intensif bahkan dapat saya sampaikan paling intensif," imbuhnya.

Pompeo hadir di Istana Bogor disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Setelah itu Pompeo bertemu dengan Jokowi dan berbicang di Veranda Istana Bogor. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut sempat memperlihatkan sisi lain Istana Bogor.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan ada dua agenda yang akan dilakukan Pompeo. Pertama akan melakukan pertemuan bilateral dan juga menghadiri Forum Gerakan Pemuda Anshor mengenai dialog agama dan peradaban.

"Komitmen kuat peningkatan kemitraan ini tercermin dengan intensifnya saling kunjung pejabat kedua negara, bahkan di masa pandemi," kata Retno.

Diketahui sebelum ke Indonesia, Pompeo terlebih dulu ke India untuk melakukan dialog tingkat menteri 2 + 2 tahunan AS-India yang ketiga. Setelah dari India, Pompeo berkunjung ke Sri Lanka, dan Maladewa untuk membahas kerjasama AS dengan kedua negara tersebut. (mdk/bal)

Baca juga:
Bertemu Menlu Mike Pompeo, Presiden Jokowi Ingin Amerika Jadi Teman Sejati Indonesia
Jokowi: Kunjungan Menlu AS Saat Pandemi Tunjukkan Arti Pentingnya Kemitraan Strategis
Moeldoko: Sepeda dari Daniel Mananta Bukan untuk Jokowi, tapi KSP
Moeldoko: Sepeda Lipat dari Daniel Mananta akan Diberikan untuk Anak-anak Daerah
PKS Sebut Elektabilitas Ganjar Naik Karena Dapat Ceruk Pemilih Jokowi
Merger Bank Syariah BUMN, Presiden Jokowi Ibaratkan Mau Bangunkan Raksasa Tidur
Jokowi Harap ISEF 2020 Percepat Pengembangan Ekonomi Syariah di Indonesia

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami