Jokowi Lantik 9 Anggota Wantimpres Besok

PERISTIWA | 12 Desember 2019 20:43 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan melantik anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Rencananya, mereka akan dilantik di Istana Negara Jakarta, Jumat 13 Desember 2019 siang.

"Besok siang rencananya pelantikan wantimpres," ujar Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman kepada wartawan, Kamis (12/12).

1 dari 1 halaman

Kendati begitu, dia enggan menyampaikan siapa saja sosok yang akan mengisi posisi Wantimpres. Sempat ada kabar beredar bahwa Wapres ke-12 Jusuf Kalla menjadi salah satu anggota Wantimpres. Namun, hingga kini masih belum ada kepastian.

Merujuk Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2006 tentang Wantimpres, Dewan Pertimbangan Presiden adalah lembaga pemerintah yang bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden.

Nasihat dan pertimbangan disampaikan baik secara perorangan maupun sebagai satu kesatuan nasihat dan pertimbangan seluruh anggota dewan. Pada periode pertama pemerintahannya, Jokowi memiliki 9 Wantimpres dengan berbagai latar belakang. (mdk/rnd)

Baca juga:
Yusril Ngaku Ditawari Jokowi Jadi Wantimpres dan Kepala Pusat Legislasi Nasional
Jelang Purna Tugas, Wantimpres Pamit ke Jokowi
Wantimpres: Bangsa Kita Menjunjung Tinggi Toleransi Antar-Semua Golongan
Terlalu Banyak Syarat, Jusuf Kalla Pikir-Pikir Jadi Watimpres Bila Jokowi Menang
Dikukuhkan Jadi Plt Ketum PPP, Suharso Monoarfa Sudah Mundur dari Wantimpres
Wantimpres Klaim Pemerintah Sudah Akomodir Korban Pelanggaran HAM

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.