Jokowi Menang, Koster Minta Pendukung Tidak Berpesta Kemenangan

PERISTIWA | 18 April 2019 21:00 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Gubernur Bali Wayan Koster mengimbau pendukung pasangan Capres Cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin untuk tidak berpesta, dengan kemenangan 01. Versi hitung cepat, Jokowi-Ma'ruf unggul dengan perolehan suara di kisaran 53 sampai 55 persen.

"Khususnya di Bali angkanya mencapai di kisaran 90 persen, termasuk indikasi kemenangan PDI Perjuangan secara nasional dan juga khususnya di Bali. Hendaknya, hasil itu agar disikapi dengan rasa syukur dan bahagia, tidak perlu ada pesta kemenangan dengan tetap menjaga kondisi dan situasi di Bali agar tetap kondusif memelihara persatuan dan kesatuan dan menghormati semua pihak," kata Koster saat menggelar konferensi pers di Jaya Sabha, Rumah Jabatan Gubernur Bali, Kamis (18/4).

Dia juga meminta para pendukung Capres 01 untuk menghormati tim pasangan Capres Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. "Termasuk (Menghormati) tim pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Bali, dengan tidak memancing atau terpancing dari pihak manapun juga sebagai bentuk komitmen bersama," sambung Koster.

Koster juga mengajak masyarakat Bali untuk mengawal dan sabar menunggu hasil resmi penghitungan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Selanjutnya, mari kita tunggu hasil resmi penghitungan dari KPU, dan mari kita kawal dan tahapan penghitungan suara yang dilaksanakan oleh KPU dengan penuh kesabaran dan berlapang dada," ujarnya.

"Dalam konteks mengawal proses penghitungan dengan tahapan yang dilakukan oleh KPU, saya meminta agar semua pihak menjaga dengan baik. Agar semua berlangsung dengan lancar, jujur dan tidak ada yang melakukan kecurangan. Kalau ada yang melakukan kecurangan-kecurangan agar penegak hukum melakukan tindakan secara tegas," jelas Koster. (mdk/cob)

Baca juga:
Jokowi Tak Berdaya di Jabar, Dedi Mulyadi Nilai Persepsi Warga Sejak 2014 Tak Berubah
Real Count Sementara KPU Pilpres 2019, Berapa Suara Jokowi dari 3.608 TPS?
Narapidana Lapas Nusakambangan Banyak yang Pilih Prabowo Ketimbang Jokowi
Sejumlah Lembaga Quick Count yang Menangkan Jokowi Dilaporkan ke Polisi
Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di TPS Perbatasan Indonesia-Malaysia
Pilpres 2019, Gus Ipul Ajak Pemenang Tak Jumawa dan yang Kalah Lapang Dada

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.