Jokowi Minta Aparat Lindungi Tenaga Medis Tangani Covid-19 Kerap Diintimidasi

Jokowi Minta Aparat Lindungi Tenaga Medis Tangani Covid-19 Kerap Diintimidasi
PERISTIWA | 9 Juli 2020 20:06 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Dokter Erwin Kristianto dari Rumah Sakit Umum Daerah Jaraga Sasameh menceritakan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi kendala yang dialami para tenaga medis saat menangani pasien virus corona (Covid-19). Menurut dia, tenaga medis kerap mendapat penolakan dan intimidasi dari pasien dan keluarganya.

Hal ini disampaikan Erwin saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7). Dalam kunjungannya itu, Jokowi sempat meninjau posko penanganan Covid-19 untuk memberikan pengarahan terkait Covid-19 kepada kepala daerah se-Kalimantan Tengah.

"Kendala kami hadapi akhir-akhir ini kami tenaga medis kerap mendapat penolakan, kecaman dan stigma negatif dari lingkungan keluarga pasien bahkan pasien sendiri," ujar Erwin.

"Terkadang intimidasi langsung dan tidak langsung saat menangani pasien di Barito Selatan," sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Jokowi meminta Kapolda Kalimantan Tengah memastikan keamanan para tenaga medis. Dia mengatakan bahwa tenaga medis merupakan garda terdepan penanganan Covid-19.

"Saya minta Pak Kapolda yang berkaitan dengan baik tekanan dari eksternal maupun dari dalam agar semua tenaga medis, dokter, jajaran RS, perawat semua diberikan proteksi dengan baik," jelasnya.

Dia menegaskan hal tersebut tak hanya berlaku untuk Polda Kalimantan Tengah, namun juga aparat kepolisian di seluruh Indonesia. Jokowi menilai tenaga medis harus diberikan perlindungan yang baik.

"Ini harus betul-betul dilindungi baik lewat medsos, baik langsung. Tugas polda polres memberikan proteksi bagi tenaga medis kita sebaik-baiknya. Saya tegaskan bukan hanya di Kalimantan Tengah, tapi juga di tanah air," kata Jokowi.

Reporter: Lisza Egeham (mdk/rhm)

Baca juga:
Jokowi: Jangan Sampai Ekonomi Dipercepat, Tapi Kasus Covid-19 Meningkat
1.093 Warga Kalteng Positif Covid-19, Jokowi Minta Gubernur Pakai Manajemen Krisis
Jokowi Ingatkan Pemda Bersiap Hadapi Krisis
Kasus Positif Covid-19 Hari Ini 2.657, Jokowi Ingatkan 'Ini Sudah Lampu Merah Lagi'
Jokowi Tugaskan Menhan Prabowo Jaga Stabilitas Lumbung Pangan
PDIP Prediksi Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet Setelah Pilkada 2020

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami