Jokowi Minta Bantuan JK Tangani Kasus Covid-19 di Jatim, Kalsel & Sulsel

Jokowi Minta Bantuan JK Tangani Kasus Covid-19 di Jatim, Kalsel & Sulsel
PERISTIWA | 5 Juni 2020 15:09 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (3/6). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi meminta Jusuf Kalla membantu penanganan Covid-19 di Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

Tiga provinsi tersebut memang terkonfirmasi memiliki jumlah kasus positif Covid-19 cukup tinggi.

"Dua hari lalu pak Ketum sempat ketemu presiden dan beliau diberi amanat, diberi mandat untuk membantu sepenuhnya titik-titik tadi yang disebut masih sangat kritikal yaitu Jatim, Kalsel dan Sulsel," ungkap Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said dalam diskusi bertema Strategi Menghadapi Era Normal Baru, Jumat (5/6).

Menindaklanjuti permintaan Jokowi, Jusuf Kalla mulai memobilisasi 1/3 armada milik PMI yang selama ini digunakan untuk menangani kasus Covid-19 di DKI Jakarta. Armada tersebut digeser ke Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.

"Ke Jatim dikirimkan 10 tangki penyemprot dan juga ada tambahan 10 pikap. Sekarang lagi dibelikan lagi kira-kira 10.000 tangki manual untuk dibagikan ke tiga tempat ini," jelasnya.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ini menambahkan, PMI juga mulai membangun gudaNg logistik untuk penanganan Covid-19 di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Namun, gudang logistik yang sama belum dibangun di Kalimantan Selatan.

Berdasarkan data yang dirilis Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 Kamis (4/6), Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan memang terjadi peningkatan kasus yang cukup signifikan.

Total akumulatif kasus positif Covid-19 di Kalimantan Selatan sebanyak 1.142. Terjadi penambahan jumlah kasus positif sebanyak 109 kemarin.

Sementara Jawa Timur sudah mencapai 5.408 kasus. Jumlah penambahan kasus positif Covid-19 di Jawa Timur kemarin sebanyak 90 kasus.

Sementara Sulawesi Selatan meningkat menjadi 1.722 kasus. Terjadi penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 54 kemarin. (mdk/rhm)

Baca juga:
Per Jumat 5 Juni 2020, 612 Pasien Masih Jalani Rawat Inap di Wisma Atlet
PSBB di Bodebek Diperpanjang Hingga Awal Juli
Tiba di Kota Bogor, 32.000 Paket Sembako Pemprov Jabar Disebar ke 23 Titik
Jemaah Cut Meutia: Alhamdulillah Setelah Menahan Rindu 3 Bulan bisa Salat Jumat
Pemkot Bekasi Simulasi New Normal di Mal
Ramaikan #WisudaLDR2020, Foto Wisuda Dian Sastro Bikin Salfok Warganet

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami