Jokowi Minta Pamong Praja Lakukan Inovasi dan Langkah Cepat Untuk Masyarakat

Jokowi Minta Pamong Praja Lakukan Inovasi dan Langkah Cepat Untuk Masyarakat
PERISTIWA | 29 Juli 2020 10:43 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pada Pamong Praja Muda Lulusan IPDN Angkatan XXVI untuk melakukan inovasi dan langkah cepat untuk bekerja. Sehingga birokrasi pemerintahan nantinya memiliki suasana baru untuk masyarakat.

"Saya sangat berharap kepada saudara-saudara para pamong praja muda untuk berikan nuansa yang berbeda. Ikut memacu birokrasi menempuh jalan yang smart shortcut yang orientasinya adalah hasil yang langsung dirasakan oleh rakyat," kata Jokowi saat memberikan amanah melalui siaran virtual pada 881 Pamong Praja Muda Lulusan IPDN Angkatan XXVI di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/7).

Dia menjelaskan saat pandemi Covid-19 saat ini seluruh pihak harus memiliki kerja yang cepat serta memiliki hasil yang efisien.

"Apalagi dalam kondisi krisis kesehatan, krisis pandemi seperti ini. Cara kerja seperti itu tidak bisa ditawar lagi," ungkap Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta agar para Pamong untuk terus mengawal perubahan dengan cara kerja yang baru, tidak berbelit-belit. Sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik.

"Cara kerja yang rumit, yang lambat menjadi cara kerja yang cepat dari regulasi yang banyak dan rumit ke regulasi yang sedikit dan sederhana dari sop yang berbelit2 ke sop yang mudah dan sederhana," kata Jokowi.

Sebelumnya diketahui Jokowi melantik 881 Pamong Praja Muda Lulusan IPDN Angkatan XXVI melalui siaran virtual, Rabu (29/7).Mereka terdiri dari para wisudawan/ti D-IV sebanyak 705 orang dan S1 sebanyak 176 orang.

Pelantikan terdiri tiga tempat yaitu di Kampus IPDN Sumedang, Jawa Barat, IPDN Cilandak, Jakarta Selatan, serta Istana Bogor. Sementara itu pelantikan di Istana Bogor hanya dihadiri 2 orang lulusan terbaik (D-IV dan S1) dan 4 orang Perwakilan Agama sebagai pengucap ikrar pamong. Pelantikan dimulai dengan pernyataan pelantikan oleh Jokowi.

"Pada hari ini rabu 29 Juli 2020 saya Presiden RI Indonesia, atas nama pemerintah Indonesia melantik saudara-saudara sebagai Pamong Praja Muda lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri angkatan 27 tahun 2020, saya percaya bahwa saudara-saudara dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," kata Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/7). (mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami