Jokowi Minta Peneliti Temukan Vaksin Covid-19, Target Produksi Akhir Tahun

Jokowi Minta Peneliti Temukan Vaksin Covid-19, Target Produksi Akhir Tahun
PERISTIWA | 4 Juni 2020 15:13 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi ingin agar Indonesia dapat memproduksi vaksin sendiri untuk menangkal virus corona (Covid-19). Vaksin tersebut nantinya akan digunakan di Indonesia terlebih dahulu

"Terkait vaksin Indonesia harus mandiri. Target Indonesia bisa memproduksi akhir tahun ini," kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam video conference usai rapat terbatas, Kamis (4/6).

Menurut dia, Jokowi menyampaikan bahwa saat ini 147 negara tengah berusaha menemukan vaksin virus corona. Namun, vaksin itu akan diprioritaskan untuk kebutuhan masing-masing negara.

Untuk itu, Jokowi meminta agar peneliti Indonesia juga menemukan vaksin untuk menangkal virus corona. Hal ini mengingat jumlah penduduk Indonesia yang banyak sehingga tidak mungkin pemerintah mengandalkan impor.

"Kita punya 270 juta warga sehingga mau tidak mau, tidak mungkin mengandalkan impor. Jadi harus siap siap melakukan riset vaksin untuk Indonesia sendiri," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Kemenrister Sedang Meneliti

Sebelumnya, Kementerian Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memastikan, penelitian dan pengembangan vaksin Corona COVID-19 di Indonesia setidaknya memerlukan waktu minimal satu tahun.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menekankan, kondisi di atas pengecualian, kalau sudah ada vaksin yang telah dikembangkan di luar negeri. Apabila sudah ada vaksin Corona COVID-19 dari luar negeri bisa diproduksi (dengan cepat) di Indonesia.

"Bagaimana soal obat dan vaksin? Ini jangka menengah panjang. Untuk vaksin Corona, misalnya, kira-kira dibutuhkan paling tidak satu tahun ya minimal," terang Bambang di Graha BNPB, Jakarta, ditulis Selasa 7 April 2020.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com (mdk/eko)

Baca juga:
Ekonomi RI Bisa Kembali Normal Jika Vaksin Corona Sudah Ditemukan
Perusahaan Farmasi Dunia Sebut Vaksin Covid-19 Bisa Tersedia Oktober
Menristek Sebut Pembuatan Prototipe Vaksin Covid-19 Masih Tahap Awal
Didanai Bill Gates, Perusahaan Bioteknologi AS Uji Coba Vaksin Corona Pada Manusia
Erick Thohir Perkirakan Vaksin Corona Ditemukan di Tahun 2021
Peluang Berhasilnya Uji Coba Vaksin Covid-19 di Universitas Oxford Hanya 50 Persen

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami